SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd

Bismillahirrahmanirrahiim..

Sahabat Niniek SS dimanapun kalian berada..

Alhamdulillahirabbil’alamiin..betapa berbahagia serta bersyukurnya kita kaum Muslimin, bahwa usia kita sampai kepada bulan Ramadhan tahun ini. Bulan suci nan penuh Rahmat, Ampunan dan Keberkahan dari Allah SWT. Yang senantiasa kita tunggu-tunggu sepanjang waktu..

Sahabat Niniek SS yang sedang berbahagia...

Sebenarnya sudah lama sebelum Ramadhan tiba saya sudah ingin menyiapkan artikel ini bagi kalian semua. Namun apa hendak dikata, kesibukan saya melayani kalian sungguh-sungguh “Super Padat” !, menyita waktu. Sehingga seolah demikian berharganya waktu untuk melakukan keperluan bagi diri sendiri.

Lagi tengah-tengah makan ada telpun, lagi tengah-tengah mandi ada tilpun, lagi tengah-tengah sholat juga ada telpun. Apalagi jika saya datang pada acara PKK RT ! yang hanya 1 jam lebih waktunya...Waah...Wa-nya hijaunya panjang kayak kereta api, alias banyak sekali yang harus dibalas.

Ada lagi nih, yang terkadang membuat mata saya berkaca-kaca saking sedihnya. Ada sms yang baru saja masuk, disusul dengan sms berikutnya yang bunyinya : balas ! Waduh kayak jenderal memerintah bawahannya saja. Astaghfirullahaladziim !!! Tapi saya bisa memakluminya, karena kalian bersikap seperti itu, tanpa kalian sadari bahwa itu cukup menyedihkan hati saya. Mungkin juga, saking kesakitan kalian yang sudah tak tertahankan lagi.

Namun saya tetap pada pendirian saya, bahwa saya akan membalas sms, WA, maupun BBM, berdasarkan urutan yang masuk. Siapa yang duluan, ya akan saya balas duluan. Maafkan saya ya teman. Lagian, saya juga memberi kesempatan kepada kalian untuk latihan bersabar. Karena sabar adalah bagian dari upaya kesembuhan.

Ada lagi nih. Sms yang isinya tak penting-penting amat seperti : Apakah ibu dulu sering keringat dingin dan sendawa ? Apakah ibu dulu juga telinganya berdenging seperti saya ? Apakah ibu dulu makannya bubur sepanjang masa ketika sakit ? Apakah sakit maag boleh diurut ? Apakah ibu dulu pernah merasakan mata buram seperti yang saya rasakan ?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tak akan pernah saya balas, karena buang-buang waktu. Padahal mereka yang bertanya itu sudah beli buku. Dan dalam buku itu semuanya sudah saya tulis. Berarti, mereka tak pernah membaca bukunya bukan ? Lah untuk apa buku dari saya mahal-mahal dibeli, sayang kan ? Kalau buku saya hanya untuk koleksi saja ? he he..

Bertanyalah hanya yang penting saja. Yang ada hubungannya dengan upaya bagi kesembuhan...itu insya Allah selalu akan saya jawab, meskipun tetap menunggu antrian oke teman ?

Sahabat Niniek SS yang selalu kurindukan..

He he Ya Allah, ternyata banyak banget teman-teman yang menagih saya untuk menulis tentang “Tips berpuasa bagi penderita maag dan gerd”. Ini merupakan indikasi yang sangat membuat saya terenyuh. Kalian yang begitu menderitanya merasakan keluhan maag dan gerd, namun masih begitu bersemangatnya untuk bisa berpuasa Ramadhan. Rasanya berdosa besar kalau saya tak memenuhi permintaan kalian. Saya juga berharap kalian semua bisa berpuasa seperti saya. Iya to ?

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd.

Bagi penderita maag dan gerd agar bisa berpuasa dengan lancar dan nyaman memang ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Dibawah ini akan saya sampaikan hal tersebut. Tentu tidak harus sama persis dalam melakukannya, karena kan kondisi lambung masing-masing kalian juga tidak sama. Ada yang memang sudah sembuh, setengah sembuh, dan ada yang masih dalam masa awal pemulihan sembuh.

Apa saja yang perlu kalian perhatikan dalam menyusun menu puasa ?

Bahan-bahan yang sebaiknya dipersiapkan :

-    Beras yang masih baru

Mengapa sebaiknya beras yang masih baru ? Karena beras yang sudah lama, jika dimasak nasinya akan keras, sehingga akan mengakibatkan sakit, atau melilit di lambung.

Usahakan jika menggunakan nasi jenis IR, campurlah dengan beras jenis MENTIK separuh separuh, maka nasi akan menjadi enak, lembut dan wangi, sangat aman buat lambung.

Untuk yang maag dan gerd, sebaiknya nanak nasi lembek atau nasi tim untuk berpuasa ini.

-    Sayuran yang masih segar.

Sayuran sebaiknya pilih yang masih segar, antara lain : Wortel, labu siam, kentang kuning yang kulitnya belum menjadi hijau sehingga banyak racunnya, terong yang masih muda yang isinya belum keras, baik terong hijau maupun terong yang kulitnya ungu. Tahu putih yang empuk dan jika dipegang cepat hancur itu yang bagus, bukan tahu putih yang kenyal, bahan yang untuk mengenyalkan tahu itulah yang tak aman bagi lambung.

Oh ya, sebaiknya sayuran dan makanan untuk kalian yang sedang sakit maag atau gerd, tak dimasukkan kedalam kulkas. Sayuran atau makanan yang sudah masuk kulkas, kena FREON, kecuali rasanya menjadi hambar, tidak enak, gizinyapun sudah berkurang. Belum tahu ya ? 

Saya, setelah mengetahui ilmu ini, kulkas lalu saya jual, dan setelah itu, alhamdulillah tanpa kulkas kesehatan kami sekeluarga jauh lebih baik dari sebelumnya. Gak percaya ? Silahkan saja dibuktikan !

Tanpa kulkas ekonomi keluargapun jadi lebih hemat. Karena jadi tidak menumpuk sesuatu makanan. Kalau beli ya seperlunya untuk dimasak hari itu saja. Coba kalau ada kulkas ? Belanja untuk 3 hari, kalau perlu untuk seminggu, sampai kulkas gak muat lagi. Ujung-ujungnya banyak sayuran dan makanan yang kebuang kan ? Karena sudah tak enak untuk dimakan. Memubazirkan sesuatu inilah yang Allah sangat tidak suka. Sementara diluaran masih banyak saudara-saudara kita yang kekurangan bahkan tak bisa makan !

-    Telur ayam kampung yang masih segar.

Telur ayam kampung ini sangat penting bagi persediaan Ramadhan, apalagi bagi penderita maag dan gerd. Karena aman, dan praktis untuk dimasak.

-    Minyak goreng yang masih baru. Meskipun bagi penderita maag dan gerd tak baik sering-sering menggunakan minyak goreng, namun perlu menyediakan sedikit saja, untuk sesekali menumis sesuatu dengan minyak yang sedikit, tak apa-apa.

-    Gula merah yang tak berpengawet. Sediakan gula merah yang tak berpengawet. Ciri-ciri gula merah yang tak berpengawet adalah yang susah untuk dicuwil dan mudah lembek ketika disimpan. Jika gula merah keras, gampang untuk digempil atau dipatahin, kering, biasanya ini mengandung pengawet, sehingga ketika untuk masak, perut akan mules.

-    Bumbu-bumbu yang semuanya masih segar/baru. Usahakan untuk menyediakan bumbu-bumbu seperti : Bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, gula merah, bawang bombay, yang semuanya masih segar/baru. Tak usah menumpuk bumbu dapur ketika bulan puasa. Beli sedikit sedikit kenapa sih ? tak usah berkilo-kilo belinya, ntar jadi buluken lho. Saya kalau beli bumbu dapur tak pernah banyak, sedikit-sedikit yang penting baru terus.

Yuk langsung saja kita masuk ke menu berbuka, saya akan acak saja ya menyampaikannya, tak perlu sitimatis agar mudah kalian ingat.

UNTUK BERBUKA PUASA

PERTAMA :

Pertama kali berbuka setelah berdoa, saya biasanya : 
  • 1. Minum teh TEH HANGAT YANG ENCER, dengan sedikit gula merk “GULAKU”. Teh hangat ini tehnya TEH CELUP SARIWANGI ( saya bukan bermaksud promosi ), karena saya telah mencoba berbagai teh yang beredar di pasaran, ternyata tak aman semua bagi lambung. Hanya teh celup sariwangi sajalah yang tak bermasalah diminum bagi orang sakit maag/gerd. 
Itupun membuatnya bukan pada celupan yang pertama. Celupan yang pertama kan masih kental, nah yang ini buatkan saja untuk suami atau yang lain. Yang untuk kita, TEH CELUPAN YANG KEDUA atau ketiga yang sudah tak begitu kental. 1 gelas besar yang ada pegangannya beri teh sariwangi celupan yang kedua, beri gula 1 sendok kecil, tuangkan air mendidih, di minum hangat kuku pas sesudah adzan maghrib berbunyi, sedikit demi sedikit jangan sekaligus dihabiskan, nanti perut akan sakit.
  • 2. Bagi yang lambungnya sudah agak sembuh, atau sebelumnya sudah terbiasa minum madu, silahkan pertama berbuka dengan minum AIR MADU HANGAT YANG ENCER. Caranya membuat, ambil 1 gelas besar yang ada pegangannya ( 250 cc ), beri air hangat dari termos, kalau air terlalu panas diamkan beberapa saat, jika sudah hangat kuku tuangkan 2 sendok makan madu murni, aduk rata, lalu diminum saat berbuka sedikit demi sedikit, jangan sekaligus dihabiskan, supaya lambung tidak sakit.
  • Tapi madu harus dipastikan yang murni, sebab jika yang dipakai adalah madu campuran, maka perut bisa sakit sepanjang hari, sehingga puasa akan menjadi tidak nyaman. 
  • Bagaimana cara yang salah bikin air madu ? Kedalam gelas, sudah dituangkan madu lebih dahulu, lalu baru disiram air panas mendidih atau dari termos. Cara membuat air madu yang seperti ini salah besar, apalagi jika yang digunakan adalah air mendidih, maka gizi madu akan rusak sehingga kita tak akan mendapatkan manfaat apa-apa dari minum madu tersebut.
  • Cara yang benar adalah siapkan dulu airnya, yang hangat, baru tuangkan madunya, aduk perlahan kearah kiri seperti orang thawwaf, energi yang terbentuk akan sangat berbeda dengan diaduk kearah kanan. Oke ini hanya tambahan pengetahuan saja. Semoga ada manfaatnya.
  • 3. Bagi yang lambungnya sudah agak sembuh, dan sudah biasa makan buah, lambung sudah tidak sensitif, silahkan berbuka pertama kali dengan AIR KURMA YANG DIRENDAM setengah jam sebelum adzan maghrib berbunyi. Merendamnya dengan air panas. Jika sudah terbiasa minum air mentah, merendamnya tengah hari siang harinya dengan air mentah. Minumlah air rendaman kurma ini, subhanallah alangkah segarnya, dan nyaman di lambung.
  • Selanjutnya, kurma rendaman ini, silahkan langsung dimakan, dan meskipun empuk, ampas kurma jangan ikut ditelan, karna tetap kasar pada lambung. Ya ?
YANG KEDUA

  • 1.    MAKAN BUBUR KERUT/ORIFLAKE.
  • Sesudah minum teh hangat encer atau air madu hangat yang encer, kalian boleh membuat BUBUR TEPUNG KERUT sedikit ( 1 sendok makan ) lalu hangat-hangat dimakan untuk melapisi dinding lambung yang seharian kosong..Atau kalau ada, ORIFLAKE 1 sendok makan, sedu dengan air mendidih. Atau kalian boleh makan 1 hingga 3 biji kurma yang dagingnya empuk dan ampas kurma jangan ditelan tapi dibuang saja. Kurma yang dagingnya keras, tidak aman bagi lambung yang sedang sakit.
  • Setelah itu silahkan sholat maghrib dulu secukupnya. Sesudah itu baru kalian makan bubur tepung kerut atau oriflake yang tadi sudah dibuat. Sedikit demi sedikit.
YANG KETIGA

1.    MAKAN NASI.

Nah sesudah itu kalian boleh makan nasi berbuka. Tapi tepung kerutnya atau oriflakenya biar turun dulu ya ? Jadi diberi jarak beberapa waktu dari sholat maghrib baru makan nasi. Kalau bisa usahakan nasinya dari BERAS BARU JENIS IR yang dicampur dengan BERAS MENTHIK YANG BARU.

MENU NINIEK SS. ANTARA LAIN  :
  • 1. Nasi lembek/nasi tim + sayurnya rebusan labu siem ( Waluh jipang/Jawa ) yang diberi sedikit garam dapur + lauknya Telur ayam kampung yang direbus matang muda. Sudah cukup.
  • 2. Nasi lembek/nasi tim + lauknya Tahu dan kentang yang disayur terik dengan santan yang encer + sayurnya rebusan labu siam yang diberi sedikit garam.
  • 3. Nasi lembek/nasi tim  + lauknya pepes kukus ikan bawal + sayurnya rebusan daun bayam yang direbus cukup empuk. Ampas jangan ditelan.
  • 4. Nasi lembek/nasi tim + lauknya Tahu dan telor yang dibumbu pepes kukus + sayur bening labu siem dan wortel yang dimasak hingga empuk, ampas jangan ditelan.
  • 5. Nasi lembek/nasi tim + lauknya Telur ceplok tapi nyeploknya pada air yang mendidih bukan dengan minyak he he enak aja mau pake minyak ? + sayur bening wortel dan bayam ampas jangan ditelan, isap sarinya aja, bisa gak ?
  • 6. Nasi lembek/nasi tim dengan sup ( kentang + wortel + makaroni ) + lauk ayam kampung yang dipresto, ampas jangan ditelan.
  • 7. Nasi lembek/nasi tim + Sayurnya rebusan daun sawi sendok beri sedikit garam dapur ( bonggolnya dibuang jangan ikut direbus ) ampas jangan ditelan + lauknya tahu putih bacem jangan digoreng atau ikan bandeng yang dipepes kukus bukan bakar.
  • 8. Nasi lembek/nasi tim + lauknya ikan lele bumbu mangut santan encer + sayurnya bayam yang direbus hingga empuk, ampas jangan ditelan.
  • 9. Nasi lembek/nasi tim + sayurnya brokoli kukus ampas jangan ditelan + lauknya sekali-sekali boleh makan bergedel kentang yang kuning, kentangnya digoreng dulu, setelah dibumbui bawang putih dan garam tanpa merica, digoreng kembali dengan minyak yang masih baru.

  • 10. Nasi lembek/nasi tim + sayurnya sup gambas/oyong muda dengan bihun yang lembut beri sedikit ayam kampung agar sedap, lauknya telur bumbu dadar yang dikukus pake daun.Sudah pernah coba belum ? Enak banget lho..Semua ketika makan, ampas jangan ditelan.
  • 11.Nasi lembek/tim + lauk kentang dan tahu putih disemur dengan beri sedikit kecap kuahnya dikeringkan agar bumbu meresap + sayurnya rebusan labu siam.
Jika kalian sudah merasa kenyang oleh makanan-makanan tadi, harap stop ! jangan makan apapun lagi. Bolehnya minum, silahkan dibanyakin minum air madu, air kurma ( jus kurma ), atau minum air mentah yang sudah terbiasa. 

Bagi yang belum terbiasa minum air mentah, jangan minum air mentah malam-malam apalagi ketika berpuasa. Perutnya akan kembung dan mbedhedheg rasanya.

Saya minum air mentah dingin sepanjang hari, mau pagi, mau siang ataupun malam, sedang puasa ataupun tidak, tak menjadi masalah. Namun untuk berbuka saya lebih senang minum teh hangat atau air madu hangat/air kurma hangat ( bukan sari kurma ya karena ada pengawetnya ), lebih nyaman di perut.

Sepertinya sudah cukup ya menu ini dibolak-balik untuk 1 bulan puasa. Diurutkan dari no 1 hingga no 11 ?

CATATAN PENTING !!!

Yang sebaiknya DIHINDARI pada bulan Ramadhan antara lain :

Sayuran : Sayur nangka, sayur kangkung, sayur sawi putih, sayur kulit melinjo, sayur kacang panjang, sayur kecambah, sayur kacang merah ( kecuali di preso ). Semua yang saya sebutkan ini, sulit dicerna, jika dimakan biasanya perut akan sakit.

Makanan : bakso, mi ayam, mi instan, siomay, empek-empek, ayam goreng, cumi goreng, udang goreng, serta semua makanan bersantan dan pedaaas.

Kueh : Kueh yang dari ketan, kue yang mengandung susu, kue yang mengandung banyak coklat dan mentega, kue bercramer, dan kue yang pembuatannya menggunakan tape.

Buah yang harus dihindari : Buah salak karena teksturnya kasar,  bengkoang karena keras, walaupun sudah lembut mengunyahnya tetap akan menyebabkan lambung begah, buah nanas sifatnya panas dan merangsang, buah durian panas dan merangsang, buah anggur panas dan merangsang, yang bersifat panas dan merangsang menyebabkan banyak gas dan perut jadi kembung.

Buah apel tekturnya keras jika dimakan perut suka mules dan sakit, buah mentimun bisa menurunkan tekanan darah, buah melon yang tidak organik banyak pestisidanya bisa menyebabkan perut mules dan diare, demikian juga buah semangka dan buah blewah hampir sama dengan buah semangka.

Insya Allah yang cukup aman untuk puasa adalah buah kurma, alpokat serta buah naga

Buah pisang kapok kuning yang matang pohon sebenarnya aman, tapi terkadang kita kurang jeli memilihnya sehingga mendapatkan pisang kapok kuning yang belum tua, masih mengkal sehingga ketika direbus menyebabkan lambung begah dan melilit sangat sakit.

Minuman yang jelas harus dihindari antara lain : kopi, es, jus buah ( bagi yang lambungnya sensitif terhadap buah-buahan, bagi yang sudah tidak apa-apa konsumsi jus buah, ya silahkan aja minum jus buah sebelum makan nasi tapi ingat, tak perlu memakai es ya ? kalau tak ingin kalian guling-guling menahan sakit he he ).

Bagi penderita maag/gerd, ketika berbuka puasa LEBIH NYAMAN DENGAN MAKANAN YANG SEDIKIT, daripada DENGAN BANYAK MAKANAN.

Oh ya, untuk berbuka lebih baik banyak makan sayuran dan minuman buah yang aman ( kurma, alpokat dan buah naga ) sedikit nasi, sedangkan untuk sahur lebih baik banyak makan lauk yang aman serta sedikit nasi.

Mohon maaf, saya bukan ahli gizi, saya menyampaikan ini semua berdasarkan pengalaman saya belasan tahun sakit maag kronis, gerd yang parah serta anxyetas yang sangat membingungkan, sehingga menghasilkan pengamatan yang panjang yang alhamdulillah setelah saya terapkan bagi para penderita maag, banyak manfaatnya.

UNTUK SAHUR : 

Untuk sahur hampir tak jauh berbeda dengan yang untuk berbuka. Tapi pada waktu makan sahur saya lebih banyak konsumsi lauk yang lembut, dan makan atau minuman yang lebih mengandung unsur pembangun stamina.

Untuk menu makannya silahkan di variasai sendiri, pada waktu sahur saya akan lebih banyak minum air kurma dan air madu, sedikit nasi dengan telur ceplok air mendidih dan rebusan labu siam saja. Atau terkadang saya sahur dengan abon ayam yang asli, ampas abon setelah dikunyah, lalu saya buang ampasnya, hanya saya sesep sarinya saja.

Tehnis makan yang seperti ini yaitu dengan hanya mengisap sarinya dan membuang ampasnya tak ditelan sangat menolong agar berat badan tidak melorot drastis.

Ketika berpuasa, saat berbuka dan makan sahur bagi penderita maag dan gerd harus sangat hati-hati, karena kalau tidak, esok paginya bakal tak bisa melanjutkan puasanya kembali. Apa-apa yang sekiranya akan menimbulkan sakit perut, diare atau lemas tak perlu dimakan/diminum. Oke ??? 
“SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADAN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN, SEMOGA PENUH KEBERKAHAN. Aamiin Ya Rabbal’alamiin...”...

Bagi yang belum bisa menunaikannya kali ini, jangan berkecil hati, meskipun kalian kecewa belum bisa berpuasa, kalian bisa berdzikir memohon ampunan sambil berbaring, sambil duduk, atau sambil apa saja. Membaca Shalawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rasulullah SAW. sebanyak – banyaknya,  agar mendapatkan syafaat Beliau baik di dunia maupun di akherat nanti. Berdoa dan berdzikirlah dengan penuh keikhlasan serta kerendahan hati, sebagaimana seluruh alam semesta juga berdzikir kepadaNya.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Purworejo, 30 Mei 2017

Salam Tauhid penuh kebahagiaan
Niniek SS
Labels: CARA BERPUASA

Thanks for reading Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd. Please share...!

4 comments on Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag Dan Gerd

  1. Terima Kasih Ibu,sy bangga dg kepeduian ibu terhadap penderita maag...Jazaakillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abdul Ghofur

      Sama-sama Pak Ghofur. Semua karena kasih sayang Allah semata, sehingga saya diijinkanNya bisa membuat blog yang mudah-mudahan manfaat bagi kita semua.

      Bapak juga sudah semakin sehat kan ? Semoga Allah SWT.memberikan hidayahNya sehingga kita lancar dalam menjalankan ibadah suci Ramadhan ini, dan memperoleh segala yang DijanjikanNya. Aamiin Ya Rabb.

      Salam saya,

      Hapus
  2. Trim..
    Kalo boleh berbagi.. Awal bulan juni sy.dirawat slama.6 hari karena lambung... Ciri2nya perut kembung. Pnuh. Sendwa. Sesak . Berdebar.. Trus masuk.ugd. Trus.dirwat...
    Skr sy masih gk sehat.. Badan lemas. Gk bertenaga.. Kerja kantor.kayaknya kuat beberapa.jam.aja...
    Apa yg harus sy lakukan dalam.jangka pendek ini.. Utk.membuat stamina sy fit lg... Minimal.bisa.ajak.anak.sy bermain.atau.jalan2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joni mili

      Mas Joni...

      Itu jelas gejala gerd stadium menengah. Memang gerd jika sudah pada kondisi ini sudah sangat mengganggu. Dalam jangka pendek hindari gorengan lemak, dan minyak. Jangan makan sampai kekenyangan. Habis makan jangan langsung tidur. Jika memang ingin tiduran harus posisi setengah duduk jangan terlentang supaya isi lambung tidak naik, hal ini bisa memicu kambuhnya asam lambung ( refluk ).

      Silahkan segera pesan buku perawatan dan morinda di ibu untuk penanggulangannya. Karena pada kondisi ini sudah tak bisa dibiarkan, tapi harus diobati dengan serius. Sebab kalau menjadi parah, kecuali keluhannya sangat menyiksa, sulit diobati, memerlukan waktu yang panjang, dan lebih banyak makan biaya untuk pengobatannya.

      Salam,

      Hapus

Back To Top