SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Kebiasaan Makan Cabe Mentah

penyebab_sakit_maag
Kita tahu, makan dengan sayur yang tidak pedas membuat kita tidak ada selera makan. Tapi lihatlah..nasinya hangat, lauknya berbumbu sambal pedas wuih..belum habis nasi dipiring rasanya sudah ingin nambah lagi. Ya kan..?

Ada orang-orang tertentu yang kurang puas jika makan dengan lauk yang pedasnya hanya pedas-pedasan, tidak pedas banget…Bagi orang yang lambungnya kuat memang sementara tidak mengapa. Namun cepat atau lambat, dikemudian hari lambung mereka tentu akan bermasalah.
 
Terutama jika yang dimakan adalah cabe mentah, atau sambal yang cara membuatnya dari cabe mentah langsung dibuat sambal, atau cabe yang direbus saja langsung disambal..Ini sangat berpengaruh terhadap timbulnya sakit maag dikemudian hari.
 
Lain halnya dengan sambal yang cara membuatnya dengan digoreng lebih dahulu lomboknya…Sambal seperti ini tidak begitu terasa panas di lambung ketika kita memakannya. Berbeda dengan sambal rebus, ketika kita mengkonsumsinya seringkali lambung kita akan terasa panas. Ketika kita memakannya kita tidak menyadarinya bahwa hal ini sangat tidak menyehatkan dinding lambung.
 
Dinding lambung yang sering terkena rangsangan seperti ini, maka lama kelamaan akan terjadi iritasi. Memang tidak secara spontan, namun hampir bisa dipastikan bagi orang-orang yang sering makan lombok mentah kelak akan bermasalah dengan lambungnya. Alias kena sakit maag.
 
Sahabat tahu kan tahu brontak ? tahu yang dalamnya diisi dengan wortel dan kecambah lalu menggorengnya dengan dilapisi tepung terigu ? Enak gak kalau makannya tanpa cabe mentah?
 
Kalau cabenya hanya 1 tak masalah. Tapi sering kita menyantap tahu brontak dengan cabe lebih dari satu. Bahkan banyak dari teman saya yang makan tahu brontak, tahunya satu, lomboknya habis 5 atau 7 !  Ya Allah..
 
Kalau kita ingatkan :”Eh jangan banyak-banyak cabenya, nanti bisa sakit maag lho !..” Mereka hanya tertawa nyengir : Ya gaklah…orang sudah biasa begini, tak enaklah kalau cabenya gak banyak”.
 
Tinggal tunggu waktu saja kapan mereka akan datang gilirannya sakit maag, jika kebiasaan seperti ini tak segera dihentikan.

Sakit maag kelihatannya hanyalah sakit yang sepele. Namun jika tidak diperhatikan dan diobati sejak awal, sesungguhnya ia adalah penyakit yang bisa melumpuhkan sendi kehidupan.
 
Sakit maag adalah penyakit yang proses munculnya sedikit demi sedikit dan sembuhnyapun lamban sekali. Penyakit yang tidak cukup diobati dengan obat semata-mata, namun memerlukan berbagai pola upaya kesembuhan yang harus ditempuh secara serempak.
 
Ya dari pola makannya yang harus menghindari makanan2 yang pedas, asam, merangsang, kasar, berlemak dan santan-santanan.

Ya dari pola tidurnya dimana kita harus bisa mengelola pekerjaan kita agar masih ada waktu yang cukup untuk beristirahat.
 
Ya dari pola pikirnya dimana kita tak boleh berpikir keras, kita harus pandai-pandai mengelola emosi kita agar produksi asam lambung tidak meningkat.

Ya dari pola hidup yang sehat, dimana kita bisa melakukan olah raga secara teratur sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.
 
Jika kita terkena sakit maag, namun tidak bisa melakukan semua pola-pola itu secara bersamaan, maka kesembuhannya akan memakan waktu lama, bisa berbulan bulan bahkan bertahun-tahun seperti saya.
 
Justru karena saya sudah menderita sakit maag lebih dari 15 tahun dan sekarang alhamdulillah bisa sembuh, maka saya bisa banyak berbagi cerita di sini kepada Sahabat semua.
 
Mungkin kita sudah melakukan pola makan yang baik dan mengkonsumsinya tepat waktu, tapi kita kurang istirahat, terforceer pikiran kita, lalu kita selalu mengumbar emosi kita, tidak bisa bersabar dengan keadaan, maka bisa dipastikan bahwa sakit kita tak akan sembuh-sembuh.

Oleh karena itu saya sarankan bagi sahabat yang saat ini masih suka makan lombok mentah banyak-banyak, sayangilah masa depan Sahabat, pumpung Sahabat belum terkena sakit maag..
 
Ya Allah, kalau sudah kena maag parah apalagi…walau punya uang berjuta tak ada artinya, karena seribu rasa jadi satu…Nantikan tips2 yang lain ya Sahabatku…???

Salam sehat selalu,
Ibu Sri.
Labels: Penyebab

Thanks for reading Kebiasaan Makan Cabe Mentah. Please share...!

0 Komentar untuk "Kebiasaan Makan Cabe Mentah"

Back To Top