SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Buah Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?

Bismillahirrahmanirrahiim…

Salam Sejahtera Bagi Seluruh Alam,
Puji dan syukur hanya kepada Allah Pemilik Seluruh Nikmat. Shalawat dan salam yang setulus-tulusnya semoga senantiasa tercurah atas Nabi Agung Muhammad Rasulullah SAW, bagi keluarga dan sahabatnya yang mulia serta para pengikut Beliau yang setia sampai akhir jaman. Aamiin.

Sahabat-sahabatku sakit maag yang kusayangi dimanapun kalian berada. 

Sore seperti ini, ketika artikel ini kutulis, tentu saat yang paling tidak mengenakkan bagi kalian semua. Tentu kalian lagi pada kambuh. Perut begah. Nafas sesak. Lambung perih. Pandangan kabur. Kepala kliyengan. Pokoknya tak karuanlah rasanya.

Sabar ya. Suatu saat, pasti kalian akan sembuh seperti aku. Asal kalian sabar. Asal kalian tabah. Asal kalian tetap berikhtiyar sampai tititik darah yang penghabisan. Asal kalian tetap tawakkal kepada Allah SWT.

Sudah seringkali aku sampaikan kepada kalian lewat blog sederhana ini. Bahwa sakit kita ini adalah "Rencana Allah" untuk membuat diri kita menjadi lebih baik sebagaimana yang dikehendakiNya. Jika kita ini ibarat sebuah adonan roti, menurut saja kepada Ahli Pembuat Roti yang akan menjadikan kita suatu roti yang bakal bermanfaat bagi orang banyak.

Jangan ngeyel atau berontak kepada Ahli Pembuat Roti yang ditanganNya, kita sedang dibentuk menjadi adonan roti yang bakal enak dimakan, enak dipandang sehingga membuat selera siapa saja yang melihat kita.

Demikian juga kita, ketika kita sakit ini, kita sedang dipersiapkan oleh Allah menjadi diri yang lebih baik, lebih manfaat hidup kita bagi diri sendiri, keluarga dan bagi banyak orang. Jadi jangan berontak. Jangan selalu mengeluh. 

Mari kita dukung rencana Allah Yang Mulia ini dengan bersabar, tetap mensyukuri nikmat, menyerahkan secara total dengan sepenuh kerendahan hati akan kondisi kita kepada Allah SWT. Agar rencana Allah terlaksana tanpa hambatan, penderitaan kita segera berakhir, dan berganti dengan kehidupan baru yang penuh pencerahan, penuh perubahan hati, dan penuh dengan kecemerlangan cahaya jiwa.

Jiwa yang penuh syukur, jiwa yang penuh toleransi dengan sesama, jiwa yang takut dan cinta kepada Allah SWT.dan Rasul SAW. Jiwa yang haus berbuat baik. Jiwa yang lebih rindu akherat daripada dunia. Jiwa yang kaffah, yang telah menjadi baru dalam masa pendadaran yang panjang, yaitu dalam penderitaan sakit maag maupun gerd.

Aku sangat-sangat bersyukur kepada Allah SWT. yang telah berkenan meminjamiku kemampuan untuk menuliskan apa-apa yang kuketahui tentang sakit maag di blog ini. Sehingga sedikit banyak bisa membantu meringankan penderitaan kalian semua.

Entah berupa pengalaman sakitku. Entah berupa tips-tips tentang apa-apa yang harus dilakukan jika mengalami kondisi darurat. Entah tips-tips tentang makanan yang biasa aku konsumsi dulu ketika masih sakit. Dan berbagai hal yang tak bisa kutuliskan disini.

Sebab banyak hal-hal kecil yang luput dari perhatian semua penderita maag, ternyata itu adalah hal-hal yang memicu kambuhnya sakit maag, dan itu menjadi pengamatanku yang telah ku riset dan hasilnya memang akurat benar !
Seperti halnya. Siapa mengira kalau orang sakit maag tak boleh angkat yang berat-berat ? Padahal mengangkat sesuatu yang berat ini bisa menyebabkan kontraksi otot lambung.

Lalu orang maag tak boleh urut. Nah siapa tahu, bahwa urut bagi orang yang sakit maag bisa menyebabkan lambung porak poranda kondisinya ? luka lambung lebih parah kembali ?

Ada lagi nih. Siapa yang tahu, kebiasaan makan segala apa dengan dikunyah lembut namun tidak menelan makanan beserta ampasnya bisa menyebabkan lambung bertambah sembuh, dan bisa menaikkan berat badan ? Karena makanan yang masuk tidak melukai lambung, namun nutrisi bisa tercukupi ?

Banyak yang telah kulakukan untuk menyelidiki semua hal tentang sakit maag dan gerd, yang belum pernah dilakukan oleh orang lain. Dan hasil dari semua yang kulakukan, alhamdulillah telah dan insya Allah akan terus kutuangkan dalam blog ini.

Alhamdulillah aku banget-banget bersyukur kepada Allah Yang Maha Mengabulkan doa, ternyata banyak diantara kalian yang kemudian sembuh dari sakit maag kalian atau setidaknya menjadi berkurang sakit maag kalian, setelah kalian rajin membaca blog ini.

Yang tadinya hanya bisa berbaring saja tanpa bisa ngapa-ngapain, dengan menerapkan segala hal yang diserapnya dari blog ini sekarang sudah bisa bangun dari tempat tidurnya, bisa memasak untuk keluarga meskipun dengan perlahan-lahan. Alangkah bersyukurnya katanya. 

Juga yang tadinya berbulan-bulan hanya bisa makan bubur, maka sejak menerapkan tips-tips yang ada didalam blog ini, maka sekarang sudah bisa makan nasi lembek, menu makannya juga sudah beraneka macam tidak lagi hanya tahu putih yang dikukus. 

Banyak lagi tentang cerita kemanfaatan dari membaca blog ini, dari para pembaca blog yang setia mengikuti artikel-artikelnya. Alhamdulillah Ya Allah…jika hidupku ini masih ada manfaatnya bagi kalian semua.

Oh ya supaya gak lupa, bukankah aku ingin membahas "Buah Apa Yang Aman Bagi Sakit Maag ?"

Alangkah segarnya setiap buah. Meskipun sensasinya berbeda-beda. Yang jelas selalu ada rasa manis dan segarnya, khas masing-masing. Buah sangat diperlukan untuk kesehatan, yang fungsinya adalah untuk memperlancar pencernaan. Apakah semua buah boleh dimakan oleh orang yag sakit maag ? Tentu tidak dong. Hanya buah-buah tertentu saja yang aman dimakan oleh orang sakit maag. 

Namun tidak ada jeleknya jika kusampaikan alasan mengapa suatu buah tidak aman dikonsumsi oleh orang sakit maag, sementara buah yang lainnya aman ?

Buah Apa Yang Aman Bagi Sakit Maag ?
  1. SALAK. Salak termasuk buah yang enak, apalagi salak pondoh atau salah lokal yang mangsir (yang daging buahnya empuk dimakan). Namun semangsir apapun sebuah salak, ia merupakan buah yang tidak bisa dikunyah hingga lembut. Sehingga jika dimakan, akan menyisakan bongkahan-bongkahan kecil salak yang sulit dicerna oleh lambung, dan jika mengenai dinding lambung akan sangat sakit. Salak juga merupakan buah jika dimakan menjadikan begah pada lambung.
  2. NANAS. Nanas ini buahnya empuk dan sangat manis rasanya, apalagi nanas dari bogor. Namun buah ini tidak aman dikonsumsi oleh orang yang sakit maag, karena mengandung alkohol alami, jika dimakan akan menyebabkan perut terasa panas.
  3. NANGKA. Nangka ini buahnya enak, apalagi buah nangka yang kelopaknya buahnya besar-besar, jika dimakan air buahnya kemucur keluar dari buahnya. Buah ini tidak aman dikonsumsi untuk orang yang sakit maag. Seperti buah nanas, maka buah nangkapun juga mengandung alkohol alami. Apalagi buah nangka ini banyak mengandung getah, sehingga sangat tidak aman dimakan oleh orang yang sakit maag, karena akan menimbulkan sakit perut yang luar biasa, karena daging buahnya yang sangat susah dicerna oleh lambung.
  4. TIMUN. Timun, meskipun lunak dan berair, jika dikunyah tak begitu bisa lembut, sebenarnya cukup aman bagi lambung, namun tidak disarankan untuk orang yang sakit maag, karena bisa menurunkan tekanan darah. Orang yang sakit maag, karena kekurangan nutrisi, biasanya HBnya rendah dan tekanan darahnya juga rendah sehingga tidak baik konsumsi timun.
  5. DURIAN. Durian adalah buah yang sangat lezat dan istimewa. Mengapa istimewa ? Karena harganya yang terkadang tidak terjangkau oleh kocek orang kecil. Durian ini meskipun sangat lezat dan tekstur buahnya sangat lembut. Tetapi tidak baik untuk orang sakit maag, karena mengandung alkohol alami. Jika dimakan orang sakit maag, lambung akan terasa sangat panas dan bisa diare berkepanjangan.
  6. DUKU. Duku buahnya manis dan segar. Apalagi duku dari Palembang yang terkenal manis. Namun tidak aman bagi lambung karena tidak bisa dikunyah hingga lembut, susah dicerna, dan mengandung getah, jika dimakan lambung sakit melilit-lilit dan bisa diare. Hati-hati bagi yang suka typus kambuhan, getah buah duku sangat rawan bagi penyakit typus.
  7. PEPAYA. Pepaya jenis apapun, asal matang. Dan jika dikupas sudah tidak bergetah, insya Allah aman buat dikonsumsi orang sakit maag. Orang sakit maag sangat kekurangan serat sehingga mudah sembelit atau diare, karena sangat terbatas dalam mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, kusarankan untuk sering makan buah papaya yang sudah masak dan tak bergetah, untuk membantu pencernaan.
  8. SAWO. Buah ini sebenarnya enak, sangat manis dan lunak. Namun karena bergetah dan teramat manis, maka tidak aman bagi penderita lambung karena jika dimakan lambung akan terasa perih dan bisa menimbulkan diare.
  9. ALPOKAT. Alpokat ini tidak bergetah, rasanya tak manis, dan sangat lembut, mudah dicerna oleh lambung, maka satu-satunya buah yang direkomendasikan selain dari papaya, yang aman untuk dimakan oleh penderita maag.
  10. BLEWAH. Blewah ini buah yang bergetah dan tidak mudah dicerna oleh lambung. Kecuali itu menyerap pestisida yang cukup tinggi ketika masa penanaman, maka kimia pestisida ini yang tidak aman bagi lambung. Jika dimakan orang sakit maag, lambung bisa sangat sakit, dan hilangnya rasa sakit bisa cukup lama seharian.
  11. RAMBUTAN. Buah rambutan ini sangat manis, dagingnya sulit dicerna, bergetah, dan cangkang buangnya sangat berbahaya bagi penderita maag, maka sebaiknya dihindari bagi penderita maag dan orang yang gampang terkena typus.
  12. SEMANGKA. Semangka ini buah yang segar, dan jika dikunyah gampang lembut. Namun karena ketika ditanam menyerap pestisida yang cukup tinggi, maka sangat rawan jika dimakan oleh penderita maag. Karena bisa menyebabkan lambung kambuh, sakit melilit luar biasa, diare bahkan kram perut.
  13. MELON. Melon juga demikian, seperti blewah serta semangka, meskipun buahnya tak begitu manis, karena penyerapannya terhadap pestisidanya cukup tinggi, maka sangat tidak aman dikonsumsi oleh orang sakit maag. Buahnya juga tidak mudah dicerna karena liat seperti blewah, bisa menyebabkan perut melilit seperti ditarik-tarik.
  14. MANGGA. Mangga, meskipun ada yang rasanya sangat manis, tetap saja mengandung sifat asam yang tinggi, jika dimakan orang sakit maag bisa menyebabkan lambung kambuh dan diare yang hebat.
  15. JAMBU AIR. Jambu air ini meskipun tidak begitu manis namun tak mudah dicerna oleh lambung, maka jika dimakan akan menyebabkan sakit sekali di lambung, bahkan bisa menimbulkan kram pada perut.
  16. JAMBU BIJI. Jambu biji ini walau lembut dan mudah dicerna oleh lambung, namun sangat tidak aman bagi penderita lambung dan typus, karena bergetah dan tingkat keasamannya sangat tinggi, jika dimakan lambung bisa mulas sekali.
  17. JERUK. Jeruk segala jenis, meskipun rasanya sangat manis, namun tingkat keasamannya sangat tinggi, sehingga sangat tidak aman bagi orang sakit maag, karena lambung bisa kambuh, sakit melilit, sangat perih dan akan lama untuk normal kembali seperti sebelumnya.
  18. ANGGUR. Buah yang bergetah dan dagingnya kenyal, sehingga sulit dicerna oleh lambung. Tidak aman dimakan oleh penderita maag , bisa menimbulkan perih serta melilit berkepanjangan.
  19. KLENGKENG. Buah Klengkeng ini sangat manis, sehingga sangat tidak aman untuk penderita lambung karena bisa menimbulkan sangat perih pada lambung jangka waktu yang cukup lama.
Demikian yang aku tahu tentang buah yang aman dan tidak aman bagi orang sakit maag. 

Intinya, orang sakit maag itu tidak aman makan buah yang : 
  • terlalu manis, 
  • menyerap pestisida, 
  • kasar jika dikunyah tidak bisa lembut, 
  • yang bergetah, 
  • yang sulit dicerna, 
  • yang tingkat keasamannya terlalu tinggi. 
Jadi hati-hati ya teman, dalam memilih buah yang hendak dimakan.

Semangka dan melon masih cukup aman dikonsumsi, asal yang ditanam secara organik, dan makan dengan cara diblender lebih dahulu, jadi dibuat juice lebih dahulu. Dan makannya tidak boleh banyak-banyak hanya secukupnya saja. Misal setengah gelas tanggung ukuran 200 cc.

Semoga bahasan mengenai “Buah Apa Yang Aman Bagi Sakit Maag” bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa pada artikel-artikel yang akan datang. Semoga kalian bertambah sehat setelah rajin membaca artikel-artikel yang kutulis dalam blogku ini yaa ?
Alhamdulillahirabbil’alamin.

Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Makanan Pantang, Makanan Sakit Maag, Pengetahuan

Thanks for reading Buah Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?. Please share...!

63 comments on Buah Apa Yang Aman Untuk Sakit Maag ?

  1. Kurang kata Tidak nya, jadi seolah2 itu buah yang dianjurkan

    BalasHapus
  2. Sdr.M Taufik Hidayat,

    Yang diatas bukanlah buah-buah yang saya anjurkan, namun dari membaca artikel ini, pembaca bisa mengenali buah-buah apa yang aman dan tidak aman bagi sakit maag, dan mengetahui alasannya mengapa aman dan mengapa tidak aman.

    Salam.

    BalasHapus
  3. assalamualaikum.wr.wb

    saya mw tanya eyank...apakah pisang susu boleh di konsumsi bagi penderita gerd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cucu Irhas Yezz,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika pisang susunya benar-benar sudah masak insha Allah aman untuk penderita gerd. Namun jangan banyak-banyak ya cukup sekedar sebagai obat kepingin saja.

      Salam Eyang,

      Hapus
  4. klu di konsumsi tiap hari gpp ta eyank...,,?hehehe maaf terlalu bantak tanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan buah harus disesuaikan antara buah yang dimakan dengan kondisi lambung itu sendiri Cuk.

      Salam Eyang,

      Hapus
  5. terimakasih untuk artikelnya,sangat bermanfaat bukan hanya dari buah yg boleh dikonsumsi,tp hikmah dari cobaan hidup krna sakit,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Yurik Yunanti

      Terima kasih telah berkunjung di blog ibu. Alhamdulillah jika blog ini bisa bermanfaat bagi banyak orang. Semoga hikmah yang terkandung didalamnya bisa menjadi pencerahan bagi kita sekalian yang masih membutuhkannya. Sering-sering mampir di blog yaa ?

      Salam,

      Hapus
  6. MaafBu..klo saya makan salak dan nenas malah sakut maag saya kambuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonnie,

      Tolong dibaca lagi yang teliti ya artikel diatas. Siapa yang menganjurkan makan salak dan nanas ? Buah salak teksturnya tidak bisa dilembutkan sehingga jika dimakan jelas perut akan sakit sekali atau begah. Nanas sifatnya merangsang karena alkohol alaminya, juga zatnya terlalu manis, jika dimakan oleh orang sakit maag lambung akan menjadi sakit sekali.

      Salam,

      Hapus
  7. Ada artikel yang menulis buah nanas aman untuk sakit maag.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Siti,

      Nanas buah yang sifatnya merangsang. Maka tidak aman untuk sakit maag.

      Salam,

      Hapus
  8. kalau apel bagaimana? atau jus apel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr.Adnan Kassogy

      Sebenarnya buah yang aman untuk sakit maag hanya : Buah Alpokat yang sudah matang, pepaya yang masak dipohon, pisang kapok kuning yang sudah tua/masak. Selain itu meskipun kandungan vitnya tinggi, buah apapun selain apa yang sudah saya sebutkan selalu tidak aman bagi lambung yang sedang sakit.

      Salam,

      Hapus
    2. Pisang kepok saja ya ibu yang aman.

      Hapus
    3. Ell

      Untuk maag ada beberapa buah yang aman antara lain : pisang kapok kuning masak pohon yang konsumsinya mentah tak usah dikukus. Lalu buah alpokat dan buah naga, yang besar, yang kulitnya sudah merahnya merata. Kan ada buah naga yang kulitnya sebagian sudah merah dan sebagian yang lain masih hijau. Buah naga yang seperti ini jika dimakan bisa lambung ga enak.

      Salam.

      Hapus
  9. Sore bu ninik,kalau roti yang aman utk sakit asam lambung apa ya?roti atau jueh yg aman.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Exade,

      Roti atau kueh yang aman untuk dikonsumsi penderita maag adalah yang tak mengandung susu, santan dan mentega, cokelat, cramer. Atau yang mengandung zat-zat yang tak aman bagi lambung.

      Salam,

      Salam

      Hapus
  10. Istri saya sdh 4 tahun menderita gastritis kronis dan keluar masuk RS. Pengobatan dari medis, herbal maupun non medis tapi tetap sering kambuh. makanan dan buah apa saja yang bisa dikonsumsi untuk istri saya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Azwar Effendi

      Memang pengobatan maag tidak cukup hanya dengan minum obat saja baik kimia maupun herbal, namun yang tak kalah pentingnya adalah mengenal penyakit maag itu sendiri dan mengerti makanan yang harus dipantang, serta mengetahui hal-hal apa yang sebaiknya dihindari, atau sesuatu yang bisa mendukung kesembuhan.

      Saya anjurkan agar bapak memesan saja Buku Panduan Rahasia Sembuh Maag Kronis yang didalamnya sudah memuat berbagai hal tentang rahasia kesembuhan sakit maag, sekalipun maagnya sudah kronis.

      Harga 100.000 ditambah ongkir. Silahkan hubungi saya di no ini 085.228.401.939 Semoga bisa menjadi jalan kesembuhan isteri Bapak. Aamiin.

      Terima kasih.

      Salam,

      Hapus
    2. Ibu sy maagnya hnya merasa g nyaman ditenggorokan sja.kaya ada yng menghalangi.tdk merasakan mual.kl dilihat sy kya orang sehat.
      Ibu apakah herbl lidah buaya bs buat maag/gred?

      Hapus
    3. Ell

      Jika keluhannya seperti itu tidak ada mual dan hanya terasa di tenggorokan, berarti pemicu gerdnya, dulu adalah tekanan pikiran. Lidah buaya bisa untuk obat maag, tapi tidak efektif untuk pengobatan GERD.

      Salam,

      Hapus
  11. Maaf bu kalo buah naga aman tidak bagi penderita maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim,

      Buah naga termasuk buah yang sarat dengan vitamin. Dan sudah saya test insya Allah aman untuk sakit maag, bahkan kandungannya sangat mendukung bagi kesembuhan sakit maag.

      Tapi cari buah naga yang besar-besar dan warna merah kulitnya sudah merata.

      Salam,

      Hapus
  12. Bu buku panduan rahasia maag masih ada ? Harganya berapa sama ongkir ongkirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Akbar Ibrahim

      Buku Panduan Mas, alhamdulillah selalu siap mas. Harga 100.000 + Ongkir. Ongkir tergantung jauh dekatnya alamat yang dituju.

      Salam,

      Hapus
  13. bu sampe berapa lama penyenbuhan lambung kronis itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tri Handoyo

      Lama tidaknya penyembuhan lambung sangat tergantung kepada :

      1). Tingkat keparahan lambung. Semakin parah akan semakin sulit pengobatannya dan semakin lama sembuhnya.

      2 ). Pola pengobatan yang digunakan. Jika dengan obat kimia, memang akan cepat sembuh, namun sifatnya sementara, begitu obat habis, maka penyakit akan kambuh kembali, karena penanganan medis biasanya hanya menanggulangi gejalanya bukan mengatasi akar dari penyakitnya. Dan lagi, pengobatan kimia selalu akan berdampak samping, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

      3 ). Lama tidaknya pengobatan juga sangat dipengaruhi pemilihan menu yang tepat dan aman bagi lambung. Karena makanan yang tidak aman bagi lambung, apalagi yang sudah luka lambungnya, maka akan semakin bertambah luka dan jauh dari kesembuhan.

      4 ). Tergantung pada kesabaran penderita dalam menjalani pengobatan, juga tergantung pada kesabaran keluarga dalam merawat penderita. Jika baik penderita maupun yang merawat tidak sabar, maka tidak akan terjadi kesembuhan yang signifikan.

      5 ). Dan sangat tergantung pada penderita dalam menjaga pola makan, pola istirahat, pola pikir serta pola hidup keseharian. Karena pola hidup penderita maag atau asam lambung sangat berseberangan dengan pola hidup orang yang sehat.

      Salam,

      Hapus
  14. Bu mau nanya
    Kalau sakit asam lambung apa bisa merokok
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sakit gerd atau asam lambung sebaiknya tidak merokok, mengapa ? Bagi orang sehat saja sangat dianjurkan tidak merokok karena bahaya bagi kesehatan, apalagi bagi yang sakit maag atau gerd yang memang sangat sulit untuk diobati. Jadi sebaiknya rokok dihindari.

      Salam,

      Hapus
  15. Eyank maaf mau nanya, knapa ya penderita maag malah lbih cpat gemuk pdahal mkannya lbih sdkit dri yg lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santi trisetia

      Tidak selalu mbak. Pada umumnya justru berat badan drastis menurun. Perlu diketahui, bahwa gerd, naiknya asam lambung dari tempatnya ( lambung ), bisa mempengaruhi seluruh system syaraf dalam tubuh. Termasuk system yang mengelola seseorang menjadi kurus atau menjadi gemuk.

      Salam eyang,

      Hapus
  16. Kok ada saja buah nangka, nangka, salak, durian,.... Ya malah bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jati seputro

      Justru karena itu saya tulis dalam artikel diatas, agar teman-teman semua tahu, bahwa yang aman untuk sakit maag paling buah pepaya, alpokat, buah naga, dan pisang kapok kuning yang matang dipohon bukan matang karena dikarbit.

      Salam,

      Hapus
  17. muhammad fauzar

    Salam juga mas Fauzar.

    Maaf banget yaah, Eyang telat balas. Habis waktu Eyang padat banget sehingga tak sempat segera balas komentar.

    Buah apel itu sebenarnya kandungan nutrisinya bagus banget untuk kesehatan. Namun jika dikonsumsi oleh orang yang sakit maag, lambung biasanya tidak kuat perihnya.

    Klengkeng jelas gak boleh karena mnisnya terlalu ekstreem dan cangkangnya jika tertelan akan menyebabkan lambung bertambah luka. Oke ?

    Salam Eyang,

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum eyank....maaf apa betul penderita maag tidak boleh pijat dan angkat yang berat2?
    Lalu bolehkah minum teh manis? Satu lagi eyang... heeee kondisi sya skrg lambung sdh sesak ke dada dan kerongkongan seperti ada yg nyangkut... penglihatan kabur sendi2 kaki pegal dan lemas.... apa bisa dikategorikan maag akut atau geajala awal? Soalnya saya sudah hampir 5 bulan berobat. Tapi alhamdulillah tidak sampai dibrawat di RS... ditunggu ilmunya ya eyank.... terima kasih.. salam sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hetty Nurul

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ya benar mbak, penderita maag sebaiknya hindari angkat yang berat-berat serta diurut bagian perutnya, karena untuk angkat yang berat2 maka urat syaraf lambung bisa ketarik sehingga mempengaruhi lambung yang sedang luka. Demikian juga dengan diurut dibagian lambung, sangat membahayakan karena lambung bisa bertambah luka.

      Kondisi mbak Hetty itu sudah masuk katagori GERD menengah. Sebaiknya segera diobati dengan seksama. Sebab kalau menjadi parah, akan menjadi sangat sulit diobati dan makan energi, makan waktu, serta makan biaya yang tak sedikit.

      Jika minat, silahkan segera pesan buku Eyang, di nomor 0877.3259.8747. Kirim nama + alamat lengkap serta nomor Hp. Tulis "pesan buku"

      Salam,

      Hapus
  19. Klo habis makan muntah muntah itu penyebabnya apa yah... ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Crazy Channel

      Sehabis makan muntah-muntah, itu menandakan derajat keasaman didalam lambung sangat tinggi. Sebaiknya makan makanan yang aman bagi lambung. Yang tak pedas, tak asam, tak keras, tak merangsang dan tak mengandung kimia pengawet dan lain-lain.

      Salam,

      Hapus
  20. Ass,bu klo ubi kayu yg di rebus aman ga ya buat lambung?dan saya jg skrg konsumsi buah jambu biji yg saya jusser,jadi sarinya aja yg saya minum,itu baik g ya buat lambung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santi

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Ubi kayu, aman tidaknya tergantung jenis ubi kayunya mbak. Empuk tidak ? Jika ubi kayunya jenis yang jika direbus sebentar saja masak, insya Allah aman bagi lambung, namun makannya tetap tak boleh banyak. Paling-paling hanya sepotong dua potong kecil.

      Namun jika ubi kayunya yang dimasak lama tak masak-masak, berarti itu ubi kayu yang jenisnya keras, tak aman bagi lambung mbak.

      Jambu biji, untuk maag awal aman-aman saja airnya, namun bagi maag kronis tak aman, karena kadar vitamin C nya sangat tinggi.

      Salam,

      Hapus
  21. Assalamu alaikum wr. Wb.
    Barakallaahu ibu niniek..

    Alhamdulillah artikel ini sangat bermanfaat, saya sekrng sedang menderita sakit maag mungkin kronis / akut, kalau telat makan dada sesak, badan lemas, kepala sperti kunang2, mata kabur, gemetaran dan keringat dingin, saya menderita sudah 4 bulan bu, sya sdah berobat ke dokter namun hanya saat minum obat sja sakitnya hilang, ketika obatnya habis maag nya kambuh lg,, kadang sya sngat merasa menderita sekali bu, tp sya sadar bahwa tak ada gunannya mengeluh, ini semua mngkin ujian dari Allah SWT.
    Saya bermaksud menanyakan apakah ada tulisan / resep / cara penyembuhan sakit ini bu,? Berapa kira2 biayanya bu..
    Terima kasih
    Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajier rafly

      Mas Ajier.

      Wa,alaikumussalam Wr.Wb.

      Memang begitulah antara lain penderitaan maag kronis/asam lambung (GERD). Sangat menyiksa. Maka jangan remehkan sakit maag bagi siapapun yang sedang terkena.

      Keluhan yang dirasakan Mas Ajier itu GERD stadium menengah. Insya Allah masih bisa diobati. Dengan solusi pesan buku untuyk panduan perawatan sakit maag harga 100.000 + Ongkir. lalu minum air mentah yang higienis setiap hari.

      Cara minum air mentah ada di blog ini. Air mentah yang higienis adalah air mentah dari sumur yang bening airnya, tidak bau dan minimal jarak dari septitank adalah 8 meter. Bisa dicari dilingkungan setempat.

      Lalu diobati dengan morinda. Karena morinda yang untuk saat ini paling efektif untuk pengobatan maag dan GERD. Belum ada lainnya yang seperti morinda kinerjanya. Nah ini nih yang bikin keder bagi yang keuangannya pas-pasan. Harganya yang cukup aduhai.

      Untuk pengobatan sebulan bagi GERD, memerlukan 2 botol seharga 1.090.000 + Ongkir.

      Untuk kesembuhan GERD apalagi sudah stadium menengah memang memerlukan biaya yang tak sedikit mbak. Tapi dengan pola pengobatan yang saya lakukan, alhamdulillah banyak membuahkan hasil.

      Salam,

      Hapus
  22. salam eyang...saya menderita maag mungkin sdh 2 tahun namun apbila kambuh sering keringat jagung dan sempoyongan bahkan pingsan..apakah maag saya dapat diobati secara tradisonal, mhon penjelasan dan obatnya, wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad salim

      Salam juga Mas Salim.

      Insya Allah itu GERD stadium menengah. Masih bisa diobati mas. Obatnya dengan morinda yang didukung dengan buku panduan perawatan sakit maag dan minum air mentah yang higienis.

      Dengan obat-obatan tradisional untuk GERD stadium menengah tak begitu bisa diharapkan hasilnya. Demikian juga dengan obat-obat kimia. Hanya bisa menahan sementara, namun obat habis akan kambuh lagi. Silahkan kalau minat pesan obatnya lewat kontak di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Ibu, sya sdah kena asam lambung hampir 10 bulan...dibulan ke 8 mulai sangt mmbaik...llu kmbli mmburuk..saya sdg hamil 7 minggu, asam sllu naik, mual muntah, saya hntikan obat dktr krn khwtr akn kndsi jnin, mohon solusinya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.
      Mbak Fajar, untuk solusi itu, silahkan WA ibu di nomor 0877.3259.8747 (jangan telp karena jarang saya bisa mengangkatnya).

      Tak perlu khawatir ya ?

      Salam,

      Hapus
  24. Maaf eyang mau tanya , ortu saya seminggu ini udah 2 kali bolak balik berobat ke dokter karena lambung yg di derita nya. Dan sekarang ortu masih merasakan perut yg melilit . Sedangkan asupan nafsu makan nya juga berkurang .
    Untuk rasa mual serta BAB nya sekarang sudah mendingan. Bagaiman cara pencegahan serta penyembuhan agar apa yg di rasakan ortu saya itu lebih baik?

    Makasih eyang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pradana Kebumen

      Mas Pradana, Sakit lambung memang sulit untuyk segera sembuh, apalagi kalau dengan kimia, sembuhnya hanya sementara. Untuk sembuh makannya harus dijaga, karena banyak yang harus dipantang.

      Silahkan pesan bukunya ibu saja untuk perawatan. Harga 100.000 + Ongkir. Disana sudah lengkap tips-untuk kesembuhan. Silahkan SMS/WA ke nomor 085.228.401.939 Kirim nama + alamat lengkap + nomor hp. Tuliskan 'pesan buku'

      Salam,


      Hapus
  25. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Salam sehat...
    Apakah benar sari kacang ijo bisa untuk obat maag kronis..
    Soalnya ada teman bilang..
    Konsumsi rebuan atau kacang ijo yg dibuat kopi bisa untuk obat mag..
    Terima kasih sebelumnya..
    Wasallam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Try Yono

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sari kacang ijo bisa untuk mengobati maag, tapi tidak secara langsung. Disini sifatnya sebagai makanan yang tinggi nilai gizinya. Bukan sebagai obat.

      Dan masaknyapun hanya direbus hingga sampai pecah saja, lalu diambil airnya, hangat kuku diberi madu sedikit lalu diminum. Kacang hijaunya yang masih keras, direbus lagi sebagaimana masak kacang hijau untuk yang sehat. Bukan disangrai. Kalau yang disangrai saya tidak tahu dan belum pernah mencobanya mas.

      Salam,

      Hapus
  26. Pisang cavendish aman gak bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanikliya

      Saya belum pernah makan pisang tersebut jadi tidak tahu, mohon maaf.

      Salam,

      Hapus
  27. Maaf eyank kalau buah delima mentah di parut dan minum air hasil perasanya saja apa bisa mengobati sakit maag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. syahrul sanggili

      Buah delima, tepatnya untuk pelangsing, kanker atau untuk mengempiskan pembengkakan kelenjar. Untuk maag, efek seperti minum teh kental bagi maag. Bisa terjadi kejang usus dan lambung. Maaf mas Syahrul baru bisa balas.

      Salam,

      Hapus
  28. ma,af eyank mo nanya,sbnrnya mknan apa saja yang bnr2 harus di hindari oleh pndrita mag,mag saya udah kronis 4 bulan ini saya berobat tpi kambuh lg dan lgi,apa ada ramuan atau herbal eyang yang di jual disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Makanan yang benar-benar harus dihindari sakit maag banyak sekali, untuk jelasnya, silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis harga 100.000 + Ongkir.

      Herbal yang Eyang sediakan banyak, tergantung mana yang dibutuhkan oleh seseorang nanti eyang yang menentukan setelah konsul. Silahkan hub Eyang WA/SMS di nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  29. Perasaan ane makan semangka perut saya jadi rilexs enakan gas yang dlambung keluar. Malah saya kalo maag kumat perut pegah saya cari semangka malah jadi enakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas aje

      Itu mungkin maagnya baru awal, dan semangkanya pas organik. Jika kondisi rata-rata maag makan semangka, apalagi yang bukan organik, pasti akibatnya gak enak banget di lambung.

      Salam,

      Hapus
  30. Ada beberapa artikel dan penelitian klw buah anggur aman untuk maag,,, tp yg ibu sebutkan tidaklah aman,,, terus sebenarnya yg aman dimana,,apakah harus menggunakan ranges atau bagaimana,,karena ada beberapa yg menganjurkan dan ada yg tidk,, padahal kandungan dari anggur sangtlh banyak manfaatnya, termasuk sakit maag kronis ,,kanker dll. Tolong dong infonya,,karena saya slh satu penderita maag kronis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Sebetulnya, buah anggur aman untuk maag. Namun jarang yang tahan pada reaksi proses kesembuhan kalau sudah masuk ke perut. Karena lambung akan perih sekali. Itu yang menjadi masalahnya. Seperti jeruk nipis, itu kan asem sekali ? Kandungannyapun justru sangat baik untuk sakit maag, diminum pagi hari ketika perut kosong.

      Nah ketika bangun tidur langsung minum air jeruk nipis, pasti lambung perih bukan main. Tapi amatilah. Ketika perih mulai mereda, maka akan ada rasa nyaman di lambung yang tidak seperti sebelumnya. Semakin mau sering terapy jeruk nipis, semakin maag akan cepet sembuh, asal tahan dengan prosesnya.

      Salam,

      Hapus
  31. Eyang, gimana dengan kunyit? Ada beberapa teman nyaranin itu sbg obat maag.

    BalasHapus
  32. Unknown

    Kunyit memang bagus untuk sakit maag. Tapi untuk maag yang masih awal. Kalau untuk maag stadium menengah dan lanjut kurang signifikan.

    Terima kasih ya Mbak/Mas, kunjungannya di blog. Semoga maagnya cepat sembuh. Aamiin.

    Salam sehat tanpa obat.

    BalasHapus

Back To Top