SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Sakit Maag

 Bismillahirrahmanirrahiim…

Selamat pagi teman-teman, semoga pagi ini hari cerah, pikiran cerah, hati bening, sehingga bisa menemukan makna dan hikmah sakit…sehingga lekas sembuh…Pagi ini, penulis ingin bagikan tentang Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh untuk Sakit Maag.

Karena penulis lihat pada data pencari di mbah Google, ada 300 ribu lebih setiap bulannya yang mencarinya, juga pada blog ini setiap harinya selalu saja banyak yang mencari Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Sakit Maag, maka penulis perlu mengangkatnya pada blog ini.

Penulis bisa memahaminya mengapa banyak sekali penderita yang mencari topik dengan judul di atas, karena kita yang sedang menderita sakit maag memang tak bisa sembarangan makan segala sayuran sebagaimana orang-orang yang sehat lainnya.

Bagi orang yang merawat anggota keluarganya yang sedang sakit maag mungkin kesal, lebih-lebih jika telah terkena GERD (asam lambung yang keluar dari lambung). Disajikan makanan ini salah, makanan itu muntah, makanan yang lain mual, perutnya sakit, walah !

Mungkin jika anda dan orang-orang yang merawat orang yang sakit maag tahu, bagaimana pahitnya menderita sakit maag itu, barangkali anda akan jauh lebih rewel daripada keluarga yang anda rawat sekarang ini he he..

Kebiasaan penulis setelah sembuh dari sakit maag, selalu makan atau sarapan sesudah turun sholat subuh. Enak sholat berlama-lama karena merasa banyak dosanya, jadi sholat subuh yang penulis lakukan di awal waktu, sering jam setengah 6 baru turun dari tempat sholat..banyak baca istighfar untuk memohon ampunan, dan banyak baca sholawat sebagai ungkapan syukur yang tak terhingga bahwa penulis boleh menjadi umat dari Kanjeng Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Karena bisa menjadi umat dari Rasul SAW, adalah karunia yang tiada tara melebihi harta dunia seisinya

Karena hal inilah yang penulis impikan sejak penulis masih kanak-kanak, ketika penulis menyadari bahwa ada yang diciptakan tentu ada yang menciptakan. Dan menurut penulis kecil saat itu, yang diciptakan harus bisa bertemu dengan yang menciptakan. Paling tidak mengenalnya syukur-syukur bisa akrab. Jika belum mengenal Sang Pencipta di dunia, bagaimana kelak di akherat bisa mengenalinya ? Silahkan direnungkan !

Sejak kanak-kanaklah penulis sudah mencari jalan yang sebenar-benarnya jalan untuk bertemu dengan Allah. Bukan jalan sembarang jalan. Nah singkat kata, hanya melalui jalan Islamlah jalan yang lurus untuk mencari Allah Tuhan semesta alam. Oleh karena itu, penulis sangat mencintai membaca istighfar untuk memohon ampunan atas dosa yang setiap saat selalu bertambah, dan membaca banyak sholawat, sebagai ungkapan syukur bahwa penulis telah Allah tunjukkan “Jalan Yang Lurus” untuk kembali ke HaribaanNya. Tempat kembali yang tak ada akhirnya. ABADI.

Loh apa hubungannya Bahasan soal Sayuran Yang Boleh Dan Tidak boleh untuk Sakit Maag dengan Jalan Kembali menuju kepadaNya.  Oh jelas ada

Sumber Sakit adalah kita, dan sumber Kesembuhan adalah Allah, jadi jika ingin selalu sehat, cepat sembuh dari sakit, bukan soal makanan saja yang kita urusi, namun yang terlebih penting adalah mencari, mendekat kepada Yang Maha Memberi Kesembuhan  dan Yang Maha Memberi Rejeki itu sendiri.

Yang Maha Menciptakan segala macam sayuran, dan pemberi manfaat dari sayuran itu sendiri. Ialah Allah, bukan penulis. Jadi berbaik-baiklah dengan Allah lebih dahulu sebelum kita mau melangkahkan kaki untuk mencari obat sebagai sarana bagi kesembuhan kita. Bukan mencari obat dulu baru berdoa, itu SALAH BESAR teman !!!

Penulispun demikian. Setiap akan menulis artikel di blog ini, ijin dan mohon bimbingan dulu kepada Maha Guru Sastra dan Jurnalistik, ialah Allah sendiri. Yang telah memberikan Firmannya dalam Al Qur’anul Karim, Petunjuk dan sekaligus Mega Sastra yang tak tertandingi indah dan sempurnanya sampai kapanpun. 

Apa yang sebaiknya penulis tulis, dan apa yang sebaiknya tidak penulis tulis, selalu penulis konsultasikan dulu kepada Allah SWT. Dengan selalu sholat istikharoh. Baik pagi, siang ataupun malam. 

Eh kebanyakan orang sholat istikharoh malam hari kan ? Penulis gaklah. Pengin tahu sesuatu ya sholat istikharoh. Tak melihat apakah waktunya pagi, atau siang atau malam. Pengin tahunya pagi kok sholat istikharohnya nanti malam, lha sedetik nanti umurnya masih nempel di badan juga gak tahu kok ? nunggu malem…kelamaan boss..

Makanya ketika banyak pembaca blog telpon ke penulis sambil nangis, Alhamdulillah ibu, saya bisa ketemu dengan blog ibu, saya sudah sekian tahun sakit maag, juga GERD, sudah berobat ke dokter, sudah sekian kali masuk RS, sudah sekian kali di ru’yah, sudah sekian obat dan herbal yang saya minum kok belum juga sembuh, malah makin parah, Alhamdulillah ketika saya ketemu dengan blog ibu saya benar-benar merasa mendapat pencerahan ibu…

Ya Allah, ketika saya hampir putus asa, Allah mempertemukan saya dengan blog ibu, sehingga saya mempunyai semangat kembali untuk sembuh, dari motivasi yang ibu tulis dalam artikel-artikel ibu. Terima kasih sekali ya Bu, semoga Ibu selalu diberi kesehatan oleh Allah, diberi panjang umur, sehingga terus bisa menulis, terus bisa memberikan pencerahan bagi kami orang-orang yang sedang menderita sakit maag ini…

Ya alhamdulillah, jika blog ini, menurut para pembaca, tulisannya lain dari yang lain. Bukan karena kepiawaian otak penulis. Karena penulis tak pernah sekolah dokter, tak pernah sekolah ilmu sakit maag, tak pernah mengenal ilmu kepenulisan atau jurnalistik. Tapi penulis berguru langsung kepada Sumbernya ilmu ialah Allah sendiri. Semua mengalir dalam bimbingan Allah dengan sholat istikharoh. Ini maha penting !

Soal sayuran yang boleh dan tak boleh dimakan untuk sakit maag mah ngebahasnya belakangan aja, yang penting untuk disampaikan adalah pentingnya kita mendahulukan Allah diatas segala kepentingan apapun !

Nah ini dia yang kita tunggu-tunggu…

Sebenarnya, jika anda sudah membaca kisi-kisi menu makanan untuk sakit maag, insya Allah tanpa membaca artikel inipun anda sudah bisa tahu Sayuran Yang Boleh Dan Tak Boleh Untuk Sakit Maag.

Sayuran Yang Boleh Untuk Sakit Maag : inipun anda harus memilah-memilah sendiri kira-kira lambung anda sudah kuat belum untuk menerimanya, karena penulis kan tidak mengetahui kondisi lambung anda, apa pada stadium awal, menengah atau pada stadium lanjut.

Bayam Cabut : Zat besinya banyak, tapi bagi yang asam urat tinggi, sebaiknya menghindari sayuran yang hijau-hijau, terutama bayam dan daun singkong. Pilih bayam cabut, yang hijau lebih baik daripada bayam cabut yang batangnya putih (yang batangnya putih, keras jika dimakan lambung akan sakit). Memasaknya sebaiknya ambil daunnya aja dan 2 potong ujung batang yang paling atas, pucuk dan 1 potong di bawahnya, selebihnya sudah tidak aman untuk lambung.

Labu siam : Ambil labu siam yang usianya sedang (bukan yang muda sekali dan bukan yang tua). Yang muda sekali bisa menurunkan tekanan darah, yang tua keras di lambung, jadi pilih labu siam yang sedang saja. Ciri-ciri labu siam yang sedang, kulitnya masih lembut dan belum keluar duri-duri pada kulitnya.

Wortel : Kaya akan kandungan vit A. Pilih wortel yang dagingnya tebal, yang isinya belum keras. Memilih wortel yang bagus gampang, jika dipegang lembut ditangan insya Allah wortelnya juga empuk kalau dimasak.

Kentang : Pilih kentang yang lama, yang kering serta mulus kulitnya, warnanya bagus menyenangkan. Kentang seperti inilah kentang yang sehat. Dimasak untuk orang sakit maag sangat bagus, mengenyangkan dan aman karena teksturnya lembut. Kecuali itu makan masakan dari kentang, akan bisa mencegah dari sembelit atau susah BAB, hal yang sering dialami oleh orang sakit maag.
  • Kentang yang baru dipanen kulitnya masih kelihatan basah, ini tidak baik dikonsumsi karena kandungan pestisidanya sangat banyak.
  • Kentang lama kulitnya kering, bersih ini kentang yang baik untuk dimasak. Karena kandungan pestisidanya sudah tak begitu banyak.
  • Kentang yang kulitnya sudah kehijauan, jangan dipilih. Kentang seperti ini, sudah banyak mengandung racun. Jika dimasak, apalagi bagi yang sakit lambung, bisa sehabis makan, tiba-tiba terasa mau pingsan keluar keringat dingin yang sangat tidak mengenakkan.
Sawi Sendok : Sawi yang bentuk batangnya seperti sendok. Daunnya hijau tua dan batang daunnya hijau muda. Sawi ini lembut jika dimasak, dan tidak menyebabkan sakit pada lambung…

Daun ketela rambat : Boleh dimakan hanya daunnya saja, namun batang daunnya jangan ditelan, ini akan menyebabkan lambung sakit.

Labu Panjang : Labu yang bentuknya panjang, bagus bagi orang sakit maag, hampir seperti labu siam, jika dimasak cepat empuk dan tidak menyebabkan sakit pada lambung.

Sayuran Yang Tidak Bagus Untuk Sakit Maag :

Brokoli : Brokoli sangat bagus untuk orang sakit, karena antioksidannya sangat tinggi. Namun jika dimakan orang sakit maag, boleh dimasak, namun waktu makan, ampasnya jangan ditelan karena akan membuat perut begah dan sakit. Demikian juga kembang kool.

Daun Lembayung : Daun lembayung ini sebenarnya sangat kaya kandungan vit A-nya, namun sangat tidak baik dikonsumsi oleh orang sakit maag, karena daunnya kasar, dan batang daunnya tidak bisa lunak. Jika dimakan orang sakit maag, akan menyebabkan perut sakit hingga waktu lama bahkan berhari-hari.

Daun Singkong : Daun ini sangat tinggi kandungan vit A-nya, sayang daunnya kasar, meski sudah direbus cukup lama, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang sakit maag, karena jika dimakan akan membuat lambung benar-benar kesakitan, mungkin terjadi luka baru yang akan lama sembuhnya.

Kacang panjang : Kacang panjang ini sangat enak disayur apapun, namun tidak cocok dikonsumsi untuk orang maag, karena teksturnya kasar, sehingga menyebabkan perut begah dan penuh sepanjang hari.

Daun kangkung : Daun kangkung enak sekali dimasak tumis dengan lombok sedang-sedang saja, atau dibuat sayur bobor dengan santan tidak begitu kental. Tapi sangat tidak baik dimakan oleh orang sakit maag, karena kita bisa kejang usus, atau perut melilit bagai diplintir-plintir. Keluhan ini bisa berlangsung hingga berhari-hari.

Daun Sawi : Daun sawi, baik yang putih maupun yang hijau, adalah sayuran yang enak untuk ditumis. Namun seratnya sangat kasar, sehingga tidak cocok untuk sakit maag karena bisa menyebabkan lambung sakit.

Demikian dulu tentang Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh untuk Sakit Maag, semoga bermanfaat adanya.

Jika anda ingin segera sembuh, maka sangat penting anda untuk memiliki Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang penulis susun sendiri, sebagai buah pengalaman sakit maag penulis yang begitu lama (lebih dari 15 tahun) hingga kesembuhan penulis yang sangat AJAIB, dimana dalam Buku Panduan tersebut penulis sertakan banyak sekali kiat-kiat dan tips-tips sembuh sakit maag kronis. Silahkan PESAN DAN SIMAK DISINI.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.
Salam Penulis,
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Mengatasi Sakit Maag, Pengetahuan, Renungan

Thanks for reading Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Sakit Maag. Please share...!

90 comments on Sayuran Yang Boleh Dan Tidak Boleh Untuk Sakit Maag

  1. Bu ninik mau tanya, apakah sawi sendok itu tidak mengandung gas seperti sawi biasa,dan apakah aman untuk asam lambung.trimakash bu untk jawabannya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isengiseng,

      Sawi sendok tidak banyak mengandung gas seperti halnya sawi putih atau kubis. Dan teksturnya lebih gampang empuk jika dimasak, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita maag.

      Salam,

      Hapus
  2. Setau saya brokoli itu sangat baik buat sakit maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. Erick Gomies

      Terima kasih atas kunjungannya di blog ini. Maaf banget balasnya sangat telat Mas, he he karena waktu yang sangat terbatas. Iyabrokoli memang kandungannya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk mencegah segala macam kanker.

      Bagi sakit maag kronis bagus, jika mengkonsumsinya tidak dimasak, karena kalau dimasak lalu dikonsumsi akan menyebabkan lambung sangat begah hingga waktu lama, yang sangat tidak nyaman.

      Jika ingin konsumsi brokoli baiknya diblender beri air kira-kira 1/2 gelas tanggung,kemudian disaring lalu diminum.

      Minum juice brokoli tak boleh banyak-banyak karena antioksidannya sangat tinggi, maka jika diminum ada cleansingnya, mual dan pusing.

      Salam,

      Hapus
  3. Bedanya sawi sendok dg sawi hijau dan sawi daging apa ya bu, lalu bagian sawi sendok mana yg aman dimakan?
    Terus, mengapa di web lain blg klo brokoli aman utk lambung krn mengandung kalium, kalsium dsb, lalu mengapa ibu tidak merekomendasikannya?
    Mohon penjelasan...
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rizki,

      Sawi sendok mengapa boleh dimakan oleh para penderita maag ? Karena teksturnya jika sudah dimasak lembut. Semua bagian batang maupun daunnya baik untuk dimakan, jika ada kasar-kasarnya ya jangan ikut ditelan dong.

      Sawi putih, sawi hijau, sawi yang untuk campuran bakso, semuanya jika dimakan bikin begah dilambung.

      Makasih ya mbak atas kunjungannya di blog, sering-sering aja mampir.

      Salam,

      Hapus
  4. Kalo mengomsumsi daun singkong jarang jarang bleh gakk .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Anggi Seftiani

      Daun singkong dengan segala variasi masakan sangat tidak baik untuk lambung. Bikin begah lambung dan sakit di uluhati.

      Salam,

      Hapus
  5. knp lambung saya sll kambuh..
    pdhl saya udh pantang makanan...
    apalgi sehbis makan roti perut kynya mau pecah sesak.. Kaya mw bertahak trs...kembng gt..
    apakh obat yg manjur u/ saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr.Intan Flor

      Penyakit asam lambung untuk sembuh, tak cukup dengan pantang makanan saja, tapi juga jaga pikiran, jaga istirahat, diobati dengan obat yang pas.

      Makanan-makanan yang kasar seperti gorengan, yang berlemak, mengandung mentega, telor, susu dan semacamnya bisa menjadi pemicu kambuhnya asam lambung. Obat yang manjur hubungi saya di 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  6. assalamualaikum.wr.wb

    Bu Niniek , saya mengalami sakit batu empedu dan maag,kalo saya berobat ke dokter, ada yang bilang karena batu empedu dan ada dr yang bilang sakit maag, tapi saya pernah mengalami sesak nafas dan mau pingsan dan sempat di rawatinap di rumah sakit, di test jantung hasilnya normal dan sesak napas saya di sebabkan oleh asam lambung,mohon tanggapannya bu. terima kasih. wasalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Muhammad Nur

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih atas kunjungannya di blog semoga ada manfaatnya.

      Sering saya temui, para penderita batu empedu atau batu ginjal, sebelumnya diawali dari keluhan maag atau gerd yang menahun tak sembuh - sembuh. Dan gejalanyapun hampir sama dengan keluhan maag. Sehingga terkadang dokter banyak yang keliru diagnosenya. Didiagnose maag, ternyata setelah melalui pemeriksaan laborat, atau USG adalah batu ginjal atau batu empedu.

      Sesak nafas, jantung berdebar, kondisi seperti mau pingsan memang gejala gerd, asam lambung yang naik ke jantung atau paru - paru sehingga timbul sesak nafas.

      Namun jika diperiksa, paru - paru normal, jantung bagus. Selalu begitu. Kemungkinan yang terkena asam lambung yang naik adalah syarafnya sehingga ketika organ jantung atau paru - parunya diperiksa hasilnya selalu baik-baik saja. Hal ini terjadi pada hampir semua penderita gerd yang sedang kambuh. Jika diperiksa jantung atau paru-parunya hasilnya normal dan bagus.

      Demikian Mas Muh. Semoga dapat difahami.

      Salam,

      Hapus
  7. Suami sya kena asam lambung . udh ada 2 bln berobat snah sini blm sembuh" juga g tega lihat nya

    Klo blh tau mkan yg g blh di mkan itu apa aja .
    Apa rokok blh atau tidak di komsumsi untuk org yg punya penyakit asam lambung.

    Yg paling g tega itu rasa panik dan gelisah nya blm hilang" juga
    Trus sekrang" suka kembung trus prut nya .klo di pegang tuh kenceng bgt kenpa yah ..

    Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nurul,

      Makanan yang tak boleh dimakan oleh para penderita gerd adalah yang pedas, asam, kasar, merangsang, yang mengandung kimia, terutama lemak dan goreng-gorengan.

      Gerd biasanya berhubungan dengan anxyetas sebagai dampaknya, yaitu rasa cemas dan panik berlebihan.

      Perut kembung dan menjadi keras karena banyaknya gas yang tak bisa keluar yang berada didalam perut.

      Salam.

      Hapus
  8. Mba sayur bayam boleh di makan ga untuk penderita maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Airin Hebat

      Sudah jelas to ? kok masih ditanyakan ? Sayur bayam boleh dimakan untuk orang sakit maag, tapi bayam yang cabut bukan bayam potong, karena bayam potong kasar teksturnya.

      Salam,

      Hapus
  9. Bu Ninik, saya mau tanya, menurut pengalaman ibu, apa kemangi boleh dimakan bagi penderita lambung yg parah? Saya baca di banyak artikel bahwa kemangi bisa menurunkan asam lambung. Apa boleh bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Queen D

      Kemangi boleh dimakan untuk penderita maag, tapi jangan kebanyakan. Dan ketika dikunyah hanya disesep sarinya saja, ampasnya jangan ikut ditelan karena kasar.

      Salam,

      Hapus
  10. Terimakasih atas solusinya sangat bermanfaat skl...Hanya Allah saja yg maha penyembuh...kita hy bisa berusaha dan berdoa...terimakasih bunda ninik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Masduki Dimyati

      Iya pak. Terima kasih kembali atas kunjungannya di blog ini ya Pak. Semoga bapak segera mendapatkan Rahmat kesembuhan dari Allah SWT. Aamiin.

      Salam,

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum Bu Niniek.
    Mohon infonya, apakah sawi sendok sama dengan pokcoy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Utin Ratih Anggraini

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Ratih, mohon maaf saya malah tidak tahu apa itu pokcoy ? Mungkin bisa mencari di google mbak ?

      Terima kaih atas kunjungannya di blog, semoga bisa menambah pengetahuan sakit maag.

      Salam,

      Hapus
  12. Apakah kunyit juga bisa menyembuhkan maag??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Tri Januwara,

      Tergantung stadium maagnya. Jika masih stadium awal, insya Allah dengan rutin minum air perasan kunyit kuning setiap pagi, akan bisa sembuh.

      Namun untuk maag stadium menengah dan lanjut, kunyit biasanya tak bisa mengobati maag hingga sembuh, tapi setidaknya dengan rutin minum air perasan kunyit kuning, bisa mengurangi perih yang ada di lambung.

      Salam,

      Hapus
  13. Sakit amaag apakah boleh makan roti tawar..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Tri Januwara,

      Sakit maag boleh makan roti tawar, namun roti tawar yang tak berkulit, dan makannya tak boleh banyak-banyak. Cukup 1/2 lembar saja sekali makan. Sehari hanya boleh makan 1 lembar saja.

      Salam,

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum Bu Niniek.
    Mengkonsumsi selada itu baik atau tidak untuk penderita maag?
    Terdakang suka bingung dan was2 tentang sayur apa yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan .
    Mohon dijawab yaa .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Iin Dwi Kristianti,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Sebenarnya mengkonsumsi selada, apalagi pada umumnya selada dimakan mentah. Jadi masih banyak enzymnya. Namun karena semua sayuran yang mentah selalu kasar teksturnya, maka jika makan selada, ampasnya jangan ditelan ya mbak.

      Salam,

      Hapus
  15. Saya juga menderita asam lambung sejak setahun yang lalu mba. Tapi srkarang ALHAMDULILLAH segala puji hanya milik ALLAH, keadaannya sudah jauh lebih baik.

    Dulu, Setiap kali saya salah makan asam lambung saya dipastikan naik. Saya coba periksa kedokter spesialis penyakit dalam dan coba sarching di google. Ternyata banyak sekali pantangan makanan yang harus saya hindari.

    Ahirnya saya coba untuk berfikir fositif saja. Saya yakin, apapun yang ALLAH ciptakan di dialam ini pasti ada manfaatnya.

    Sambil berobat jalan, saya makan tetap seperti biasa dan tidak ada yang saya pantang, termasuk yang mba ulas diatas "Sayuran Yang Tidak Bagus Untuk Sakit Maag"
    Manurut saya. Makanan apapun yang kita konsumsi, sejauh itu tidak berlebihan menurut saya tidak masalah kok. Dan sekarang ALHAMDULILLAH saya benar2 telah merasa jauh lebih dari sebelumnya tanpa harus mengkonsumsi obat dokter lagi.

    Jika asam lambung itu sedang naik, saya coba meminum air hangat"tanpa obat", dan sesering mungkin untuk sendawa. Jika tidak bisa bersendawa ya harus saya paksain dan saya pancing untuk sendawa agar perut tidak kembung, begah dan nyesek.

    Sekedar berbagi tips buat teman2 yang menderita asam lambung.
    -Hindari Makan dalam porsi banyak
    -Konsumsi air putih hangat jika asam lambung sedang naik
    -Hindari tidur setelah makan
    -Kelola stres "hindari stres"

    Salam Buat Mba Niniek SS




    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Fawzy More

      Terima kasih atas tipsnya untuk kita semua Mas Fawzy. Itu memang benar. Bahwa semua makanan apapun yang kita konsumsi sejauh itu tidak berlebihan, tidak akan masalah.

      Itu berlaku untuk orang yang sehat atau yang maagnya/gerdnya sedang stadium awal. Namun untuk stadium menengah dan sudah lanjut, maka faktor makanan sangat menentukan.

      Mungkin mas Fawzy dulu maag/gerdnya masih pada tingkat awal, sehingga dengan menjaga pola makan, pola pikir, dan banyak minum air hangat bisa sembuh tanpa obat. Untuk ini saya sangat setuju. Tapi tidak untuk yang sudah stadium menengah dan lanjut, karena sangat riskan he he.

      Demikian tanggapan saya, semoga bermanfaat bagi pembaca yang lain.

      Salam,

      Hapus
  16. Assalamualaikum Bu Niniek SS

    Saya penderita asam lambung tinggi. Minggu lalu sempat opname gara2 bangun tidur pagi hari,begitu buka mata,saya merasa dunia berputar sangat cepat...Saya baru pertama kali mengalami hal ini,kata orang itu Vertigo...Saya sempat dikerokin waktu itu,karena menurut keluarga, mungkin masuk angin...Tapi setelah dikerokin,saya malah muntah dan sampai 3 kali..Yang pertama hanya cairan kuning asam lambung,lalu minum susu hangat keluar lagi,lalu minum lagi teh hangat juga sama.
    Pertanyaan saya, termasuk di stadium apa ya sakit maag saya ini Bu Ninik...Karena menurut analisa dr dokter itu justru saya terkena malaria...Kan sama sekali g nyambung...
    Terima kasih Bu Ninik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Event Djena

      Loh Anda katolik mas ? Tapi bisa ya mengucapkan assalamu'alaikum ?

      Itu memang gejala asam lambung. Mengapa ada serangan seperti itu ? Mungkin sebelumnya, Anda kecapean dan tidur dalam keadaan belum makan sore/malam.

      Jika sebelumnya punya riwayat maag, terus kecapean atau perut kosong memang bisa terjadi serangan GERD yang tiba-tiba. Dan biasanya, serangan ini terjadi, pada daerah yang paling banyak pernah kena asam lambung.

      Jika mau cepat sembuh, pesan saja buku ibu untuk perawatan sehari-hari, minum air mentah yang higienis dan diobati dengan morinda. Tak usah khawatir.

      Salam,

      Hapus
  17. kalo daun selada boleh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dewi Maharani

      Daun slada boleh, tapi ampasnya jangan ditelan.

      Salam,

      Hapus
  18. Assalamualikum Bu Nineik SS...🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Firman Bisma

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terima kasih mas Firman, semoga sehat selalu ya ?

      Salam,

      Hapus
  19. Ass bu niniek maaf saya mau naya gimana caranya mengatasi maag akut saya udah 5 thun bolak balik d rawat d RS minum kunyit 3× sehari sambil d akupuntur seminggu 2× tapi belum sembuh" juga d tunggu sarannya ya bu terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aldi Gunawan

      Wsww. Saran ibu, pesan buku untuk perawatan maag, minum air mentah yang higienis dan diobati dengan morinda. Hubungi ibu di nomor 0877.3259.8747. ( sms saja ).

      Salam,

      Hapus
  20. kalo lengkyo boleh ga untuk penderita maag..krna dia sejenis bawang2an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rini

      Mbak Rini. Maaf ibu tidak tahu yang namanya lengkyo

      Salam,

      Hapus
  21. Assalamualaikum mba niniek...sy mau tnya klw mnum yogurt dan yakult aman tdk utk skit asam lambung ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faqih Afkar

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Faqih, Yogurt dan yakult tak aman untuk lambung. Sering menimbulkan perih pada lambung.

      Salam,

      Hapus
  22. Ass ibu
    Klo penderita asam lambung/GERD bisa makan buncis dan nasi lembek gak..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rico Ribas

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Nasi lembek bisa tapi buncis tidak mas Rico, karena buncis teksturnya kasar.

      Salam,

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum ibu, kalo terong baik apa engga ya buat penderita maag ? Terimakasih bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elta Agustina

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Insya Allah terong aman untuk sakit maag mbak, asal terong yang sedang ( bukan yang tua yang sudah keras bijinya dan bukan terong yang belum keluar bijinya ), dan dikukus atau disayur tidak memakai minyak ataupun bumbu yang dilarang.

      Salam,

      Hapus
  24. Selamat malam dokter, saya sempat didiagnosa batu empedu 1 thn lalu sebesar 4mm. Dan saya jga gerd anxiety. Akhit akhir ini dada sebelah kiri saya sakit sampai ke lengan kiri dan punggung. Apakah ini efek dr gerd? Trima ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilham Herlambang

      Selamat malam juga mas Herlambang. Tapi maaf Ibu bukan seorang dokter, namun hanya mantan penderita maag dan gerd yang teramat parah.

      Dada sebelah kiri sakit hingga ke lengan kiri, ada 2 kemungkinan. Bagi penderita gerd, bisa jadi ini adalah dampak dari asam lambung yang pernah mengenai area dada, sehingga jika gerdnya kambuh, maka keluhan yang muncul adalah dada kiri sakit bahkan terkadang sampai kelengan sebelah kiri.

      Kemungkinan kedua, bisa jadi jantungnya memang mulai bermasalah. Sebaiknya, untuk memastikannya, lebih baik segera saja periksa ke dokter, sehingga bisa segera ditangani lebih dini.

      Tapi menurut analisa saya hanya dampak dari asam lambung, bukan karena sakit jantung.

      Kalau sudah seperti ini benar-benar harus dihindari lemak-lemak dan gorengan, serta hindari naik turun tangga dan angkat yang berat-berat.

      Salam.

      Hapus
  25. Assalamu 'alaikum bu niniek, saya mau menanyakan perihal penyakit kakak perempuan saya, kakak saya menderita maag yg sudah cukup lama yaitu semenjak pertengahan puasa kemarin sampai sekarang badannya sering lemas dn d dada terasa panas, perih, serta mual. Sudah juga sering berobat k dokter dn belum ada perubahan. Mohon saran dari ibu makanan dn obat yang perlu d konsumsi apa saja? Terima kasih sebelumnya.. 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurul Umi

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Nurul, jika keluhannya seperti itu, insya Allah itu gerd, atau asam lambung yang naik. Untuk menu makan dan untuk perawatannya ibu sarankan pesan buku "Rahasia Sembuh Maag Kronis" yang ibu tulis. Harga 100.000 + Ongkir. Kemudian diobati dengan herbal Morinda harga 545.000/botol + ongkir. Tapi untuk gerd ibu sarankan pesan 2 botol sekaligus, karena untuk pengobatan gerd dengan morinda harus nyambung dari botol pertama ke botol kedua, agar hasilnya lebih efektif.

      Silahkan hubungi ibu ( Niniek ) di 085.228.401.939 sms saja sebab kalau telpon belum tentu bisa ibu angkat karena kesibukan ibu banyak sekali.

      Untuk pemesanan silahkan kirim nama + alamat lengkap + kode pos ( pengiriman buku lewat pos ) + nomor Hpnya. Begitu saja dulu ya, semoga Allah memberikan kemudahan untuk pengobatan kakaknya. Aamiin.

      Wassalam.

      Hapus
  26. Klw makan sayur asam bolehngak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agung Nurisman Sahid

      Kalau maagnya masih awal masih boleh makan sayur asem. Tapi kalau sudah lebih lanjut gak boleh mas. Kalau tidak percaya ya silahkan dicoba saja he he.

      Salam,

      Hapus
  27. Assalumu'alaikum bu niniek
    Saya penderita asem lambung kurang lebih 1 bulan
    Maaf bu pa yg harus saya lakukan/konsumsi supaya saya cepet smbuh..,,trima kasih info nya bu niniek..,,assalamu'alaikum..,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agus Setiawan

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Silahkan mas Agus pesan buku ibu saja yang berjudul "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" disana sudah komplit tips2 untuk kesembuhan maag. Harga 100.000 + Ongkir. Hubungi ibu di nomor 085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  28. Assalumu'alaikum bu niniek

    Ayah saya sudah hampir 10 tahun mengidap mag akut , tapi 3 tahun terakhir beliau merasa sering sakit di dada sebelah kiri , lambung terasa sakit , kembung dan anehnya sekarang2 ini jdi gampang sakit demam pdhal klau siang sehat2 saja menjelang malam demamnya muncul lagi..
    Mohon saranya ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajie saputra

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Berarti kondisi 3 tahun terakhir ini kondisi lambung ayahnya semakin memburuk, dan akhir-akhir ini jika gampang demam, itu dari radang lambung atau dari radang ususnya. Apakah terakhir sudah diperiksakan ke dokter ?

      Solusi saya, silahkan pesan buku + Nutricell. Hubungi saya di nomor 085.228.401.939 (sms saja).

      Salam,

      Hapus
  29. Assalamualaikum ...
    Bu klo aq konsumsi buah itu yg pling baik buah apaa utk pndrta asam lmbung sy??
    Apakah mkn buah alpukat di anjur kan ?? Mngingat bnyknya lmak yg trkandung dlm buah tsb ...
    Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Queenie

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Untuk maag/gerd, insya Allah yang paling nyaman dilambung adalah buah naga dikonsumsi begitu saja tak perlu diblender. Banyak yang bertanya, apakah bijinya yang item-item itu aman untuk lambung ? Insya Allah aman.

      Alpokat juga bagus. Tapi konsumsinya dalam sehari sebaiknya hanya separuh buah saja. Tetap aman untuk lambung.

      Salam,

      Hapus
  30. Assalamualaikum bu ninik,
    Saya mau tanya, saya kan punya pnyakit lambung, tapi gak tau apakah lambung saya sudah parah atau belum, soalnya setiap lambung saya kambuh yang saya rasakan perih, kembung, mual2, melilit seperti di remas2 sampai diare lebih dari 10 kali, kadang sampai perut gak ada isinya rasanya pengen keluar terus, sampai keluarnya air kayak lendir, kalau saya kecape'an pasti lambung kambuh dan gejala tifus, panas dingin,
    Kalau saya bawa ke dokter pasti di kasih obat seperti omeprozole, antasida, dll, tapi gak ada efeknya, masih saja sering kambuh. Saya bingung bu, apakah sudah sangat parah lambung saya? Mhon infonya,
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. She Shee

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Keluhan yang Mbak She Shee rasakan adalah keluhan maag akut. Maag akut itu derita sakitnya sungguh luar biasa dibanding dengan maag kronis (lama tak sembuh-sembuh).Sudah berapa lama mbak ?

      Jika belum sembuh-sembuh juga, silahkan pesan buku ibu "Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis" dan morinda untuk mengobatinya.

      Salam,

      Hapus
  31. Sawi hijau kalau di blender jadi lembut aman tidak ya untuk maag kronis,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. eross candym

      Sawi hijau jika diblender aman untuk maag kronis mas. Baik mentah ataupun telah dimasak. Namun jika mentah, banyaknya separuh saja dari yang masak.

      Salam,

      Hapus
  32. Assalamualaikum bu ninik..Alhamdulillah senang membaca artikel ibu.saya mau nanya bu,saya menderita maag,kata dokter asam lambung saya tinggi dalam 2 bulan ini saya sudah 3 x pitam gara2 asam lambung naik sampai sesak bu.yg ingin saya tanya aman kah saya konsumsi kunyit perasan setiap harinya ?walaupun lambung sudah membaik?terima kasih bu.Assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Mas Wawan Fitria

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah. Terima kasih untuk kunjungannya di blog, semoga bermanfaat. Aamiin. Minum kunyit sebaiknya pada saat lambung masih perih saja. Sebab kunyit bersifat antibiotik alami. Meskipun aman untuk jangka panjang. Ini mengingat untuk kemanfaatan secukupnya saja. Bukankah menggunakan apapun juga sebaiknya secukupnya saja ?

      Salam,

      Hapus
  33. Jika daun singkongnya di jus gimana bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nastain Liya

      Daun singkong jika mau di jus baiknya yang masih mentah dan daun pucuknya saja. Dan jangan banyak-banyak karena vitaminnya kan masih utuh kalau mentah.

      Salam,

      Hapus
  34. Bu..kalo pare dikuah kunyit n terong ungu...keduanya tdk pedas..boleh gag di konsumsi penderita maag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walter Adji

      Parenya yang tidak aman. Pare kasar teksturnya. Kalau di konsumsi menyebabkan sakit di lambung meskipun tidak pedas. Gak boleh pake santan ya ?

      Salam,

      Hapus
    2. Maaf bu apa benar jika penderita maag bisa membuat badan lemas dan mau pingsan. Karena saya merasakan demikian. Saya sudah 2 kali diopname dalam satu bulan. Apa yg seharusnya saya lakukan terimakasih bu

      Hapus
    3. Rahmat Aprilardi

      Ya mas. Karena penderita maag apalagi yang lama tak sembuh-sembuh karena kekurangan nutrisi. Sebab, setiap makanan yang masuk tidak semuanya bisa diproses oleh lambung, dan tidak semuanya bisa diserap oleh usus yang kebanyakan kotor.

      Banyak sekali yang harus dilakukan. Pesan saja bukun untuk perawatan harga 100.000 + Ongkir di blog ini. Atau hubungi ibu SMS/WA di 085.228.401.939 sekalian pesan BIO ALPHA untuk menanggulanginya sebelum menjadi parah.

      Maaf ya, lama baru sempat balas, karena padatnya aktifitas ibu.

      Salam,

      Hapus
  35. Assalamu alaikum warahmatullah, Mba Niniek SS.

    Hari 19 ramadhan kemarin saya sakit perut hebat 4 hari, sampai mencret darah hitam pekat dan mual serta muntah air putih.

    Saya ke dokter diopname. Kata dokter radang lambung. Opname 4 hari. Agak baikan sdh keluar RS.
    Sampai sekarang PERUT masih sering nyeri. Mual dan perih nya masih datang setiap 2 jam.

    Masuk kategori apa tu mba Maag saya?
    Akut, kronis atau apa?

    Makasih mba.
    Salaam Sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. A. Asis Aji

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Menurut analisa saya, serangan pertama itu masuk katagori maag akut. Dan selanjutnya jika sampai lama tak sembuh-sembuh itu menjadi maag kronis.

      Solusinya, insya Allah dengan : Minum air mentah yang higienis + Pesan Bio Alpha untuk mengatasinya + Pesan Buku untuk perawatan keseharian.

      Salam,

      Hapus
  36. Assalamualaikum ibu..

    Saya penderita maag, sudah 9 bln ini saya belum sembuh seperti sediakala,cuma yg saya heran dalam kurun waktu 9 bln cuma bbrapa minggu perut saya bermasalah, seperti perih sama mual. Hari2 nya sih sesek nafas, sama suka muncul tiba2 perasaan cemas sama panik seperti dunia ini mau berakhir. Yg saya ingin tanyakan. maag sy udah d stadium apa? Bolak balik dokter di bilangnya sesek sy itu hanya sugesti. Gimana ya menghilangkan sesek nafas nya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu sih gejala GERD atau asam lambung mau ke stadium menengah mbak. Sesak nafas dampak dari asam lambung yang terbawa aliran darah ke paru-paru sehingga mengganggu kinerja/fungsi paru-paru. Menghilangkan sesaknya ya harus diobati GERDnya. Salah satunya dengan pesan Bio Alpha di blog ini dan jaga manakan, jaga pikiran serta jaga istirahat.

      Salam,

      Hapus
  37. Asw, buk..
    Saya sakit maag sudah srkitar 1thn..setiap hati saya merasakan pusing, berkunang2, mual,lemes
    Saya mau tanya bagaimana caranya agar maag saya sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wsww. Insya Allah dengan : Minum air mentah yang higienis + Pesan Buku Maag + Minum Bio Alpha bisa menjadi jalan kesembuhan maag dan GERD. Hubungi Bu Niniek di WA 085.228.401.939/WA.0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  38. Assallamuallaikum Bu Niniek tepung kerut nya baik nya di komsumsi sehari brapa kali? Saya klau tidak minum obat dokter maag nya kambuh lagi jadi kaya sudah tergantungan setiap hari harus konsumsi obat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Tepung kerut bisa menjadi pengganti nasi. Kelebihannya, pada tepung kerut mengandung zat yang bisa melapisi dinding lambung, jadi sangat bagus untuk maag. Mau dikonsumsi berapa kali gak masalah, yang penting dijaga agar perut tidak terlalu kenyang, sebab tepung kerut sangat mengenyangkan.Dengan rutin konsumsi tepung kerut, insya Allah lama-lama ketergantungan obat dokter bisa dilepas.

      Salam,

      Hapus
  39. Assalamualaikum wr.wb bu
    Ibu saya sdh menderita asam lambung dan maag kronis slm 6 bln ini. Semua makanan sdh dipantang dan rutin mengkomsumsi obat2an dari dr ttpi blm sembuh2 jg bu, dan ibu saya prnh mlkkn pemeriksaan endoskopi dan ada polip di lambungnya. Ttpi polip tsb tdk mengarah pd keganasan. Dan skrg yg ibu sy rasakan badan lutut kaki lemas, badan dingin, telapak kaki dingin, lidah rasa terbakar dan sprti ada yg nyangkut ditenggorokkan. Mohon solusinya bu sdh bingung hrs bagaimana lagi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rika Anggraini

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Maaf mbak Rika,ibu balasnya telat sekali, memang sempatnya baru sekarang. Jika keluhan ibuknya seperti itu, itu GERD atau asam lambung stadium menengah.

      Solusinya : Silahkan pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis untuk panduan perawatannya (harga 100.000 + Ongkir) dan pesan BIO ALPHA untuk mengobatinya, untuk satu bulan harga 1.200.000 + Ongkir. Hubungi ibu di WA/SMS nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939.

      Untuk sementara hindari makanan yang kasar, pedas, berminyak, merangsang dan yang asem-asem.

      Salam,

      Hapus
  40. assallamualaikum ,,saya merasakan mag , baru 2 hari saya konsumsi tajin + kunyit udah agak mendingan dan sekarang jadi suka sendawa dan kentut lbh 20x tapi sekarang jarang ,, itu ciri2 penyakit mag gerd bukan ya terimakasih wasalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu ciri-ciri maag awal, namun alhamdulillah sudah mau sembuh. Teruskan aja minum tajin dan air kunyit. Semoga lekas sembuh.

      Salam,

      Hapus
  41. malam bu,
    sy baru merasakan sakit maag kurang lebih seminggu ini, badan lemas, tangan kaki dingin, apa yg harus sy lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim

      Makan teratur, hindari pantangan maag seperti : asam, pedas, makanan kasar, makanan serta minuman yang merangsang, dan hindari stress. Usahakan minum air parutan kunyit kuning yang diparut, beri sedikit air hangat, saring, minum sebelum makan.

      Salam,


      Hapus
  42. Assalamualaikum mba Niniek, mau tanya, sayur kangkung, tauge dan buah pear, aman tidak untuk sakit lambung? Terimakasih ...Wassalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Sayur kangkung, tauge dan buah pir tak aman bagi orabng sakit maag mbak, karena teksturnya kasar dan sulit dicerna.

      Salam

      Hapus
  43. Assalamualaikum Wr. Wb
    Bu niniek, Saya Qoris dari Malang, usia 25 tahun, Satu bulan yg lalu 1 April 2020 saya di diagnosa GERD, pengobatan medis sudah diberi lanzoprazole selama 2 minggu tapi perut masih panas & kembung, esofagus masih tdk nyaman buat nelan ludah seperti ada yg mengganjal, dada nyeri kalau asam lambungnya naik dan perut sedikit nyeri, dan kalau malam saat tidur sering sesak dan kerongkongan kering dan serik, mohon sarannya bu apa yg harus saya lakukan sebelum semakin lama semakin parah.

    BalasHapus
  44. Unknown

    Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

    Mas Qoris di Malang,

    Meskipun baru 1 bulan berjalan, tapi GERDnya ini sudah stadium menengah Mas. Memang kalau tidak segera diatasi sangat membahayakan karena bisa memicu komplikasi seluruh organ. Penderitaannya luar biasa seperti ibu dulu.

    Saran ibu, pesan Buku untuk panduan perawatan sehari-harinya, juga cream Firmax3 ke Ibu. Nanti semuanya insya Allah ibu Pandu.

    Maaf baru balas karena padatnya kesibukan ibu. Untuk sementara, benar-benar hindari segala bentuk makanan gorengan, berlemak, berminyak dan yang teksturnya kasar.

    Silahkan hubungi ibu di WA 0877.3259.8747

    Salam,

    BalasHapus
  45. Apa bedanya bayam cabut dan bayam yg sering kita beli di pasar ? Apakah sama atau bayam cabut itu yg berwarna agak ke pink2an ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papagaul

      Maaf baru sempat balas. Akhir-akhir ini saya sangat banyak pekerjaan. Bedanya, bayam cabut yang dijual bersama akarnya, itu teksturnya lebih lembut daripada bayam potong yang biasanya batangnya dan daunnya besar2.

      Salam,

      Hapus

Back To Top