SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bolehkah Makan Kacang Hijau Bagi Sakit Maag

Bismillahirrahmanirrahiim…

Banyak diantara teman teman sakit maag yang menanyakan Bolehkah Makan Kacang Hijau Bagi Sakit Maag ? Oleh karena itu yuk bareng-bareng saja kita simak di sini.

Ketika penulis kecil dulu, sering dibuatkan bubur kacang hijau oleh ibu penulis. Rasanya enak dengan santan yang tak begitu kental, dan diberi gula merah yang manisnya sedang-sedang saja. Karena jika santannya terlalu kental dan gulanya kebanyakan maka akan menjadi tidak segar lagi rasanya, bahkan seringkali setelah makan perut menjadi agak melilit kemudian.

Rasanya setelah makan kacang hijau badan jadi lebih segar, dan untuk belajar sore harinya jadi lebih enteng otaknya. Sayangnya penulis waktu itu tak pernah menanyakan kepada ibu, tentang kandungan serta manfaat kacang hijau, sampai penulis tua he he. Bahkan sampai ibu penulis meninggal dunia.

Kebiasaan makan kacang hijau sejak kecil berlanjut sampai penulis berkeluarga dan punya anak. Sering membuat bubur kacang hijau. Ternyata bukan hanya penulis saja yang sering membuat bubur kacang hijau untuk keluarga, banyak ibu-ibu yang lain juga rajin membuat bubur kacang hijau untuk keluarganya. Iya kan teman ?

Mungkin kebiasaan mereka membuat bubur kacang hijau juga turun temurun dari leluhur seperti kebiasaan penulis. 

Kalau begitu, tentu kacang hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan bukan ?

Terbukti bubur kacang hijau sangat dikenal masyarakat, sebagai makanan yang bergizi tinggi, mengapa teman masih banyak yang bertanya kepada penulis ? Takut yaaaa ? ketahuan nih yee..

Apa sih kandungan nutrisi dan manfaat dari kacang hijau ?
Ternyata kacang hijau masih serumpun dengan kacang kedelai, kacang panjang, dan kacang polong. Nama latinnya adalah Vigna Radiata dan family dari Fabaceae.

Di masyarakat Indonesia kacang hijau paling sering dimasak sebagai bubur, sehingga terkenal dengan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau, yang bahannya adalah kacang hijau, gula merah, santan, daun pandan sebagai pewangi alami, serta sedikit jae agar rasanya menjadi nendang, bagi yang maagnya parah tk usah diberi jhe.. Beda banget loh jika diberi jae dengan tidak !

Apa sih yang luar biasa dari kacang hijau, sampai-sampai terkenal sebagai makanan para tentara ? Sedangkan tentara kan membutuhkan fisik yang kuat serta otak yang cerdas ?

Nah ini nih penjelasannya :
Kacang hijau ternyata merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

KANDUNGAN NUTRISI DARI KACANG HIJAU

Kaya Serat
Dalam 100 gr kacang hijau terdapat serat sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini akan memenuhi 30 % dari kebutuhan harian akan serat yang diperlukan. Serat sangat dibutuhkan untuk membantu saluran pencernaan mencegah sembelit. Ternyata kacang hijau juga bisa untuk menurunkan kolesterol.

Serat banyak terdapat dalam sayuran serta buah-buahan segar. Sedangkan penderita maag tidak bisa mengkonsumsi sayuran serta buah yang dibutuhkan oleh tubuh dengan leluasa, sehingga sering kekurangan serat, akibatnya orang sakit maag sering sembelit atau susah BAB ato buang air besar 

Untuk itu, kacang hijau sangat baik dikonsumsi untuk teman sekalian yang mengalami sakit maag. Agar lancar BABnya, tidak sembelit lagi. Karena sering sembelit, akan mudah memicu terjadinya ambeien. Lebih susah lagi kan ?

Sumber Mineral
Kacang hijau kaya akan mineral. Di dalam 100 gr kacang hijau terdapat kandungan potassium sebesar 266 mg, mangan 48 mg, magnesium 0,3 mg, fosfor 99 mg, zat besi 1,4 mg, zinc 0,8 mg, kalsium 27 mg, dan selenium 2,5 ug.

Kaya Vitamin
Dalam 100 gr kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 ug, dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg. Tidak hanya itu, ternyata kacang hijau juga mengandung asam pantothenat, B6, riboflavin serta niasin yang bermanfaat untuk membantu fungsi metabolisme serta kesehatan seluruh organ tubuh.

Kaya Omega-3
Kacang hijau juga kaya akan kandungan Omega-3 sebesar 0,9 mg dalam 100 gramnya, dan omega-6 sebesar 119 mg dalam setiap 100 gramnya. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini sangat berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Bagi penderita GERD (naiknya asam lambung keluar dari area lambung) yang mengenai organ jantung, biasanya sering jantungnya berdebar-debar tak menentu, dan setelah diperiksa dengan alat perekam jantung, seluruh organ jantungnya ternyata normal-normal saja. Dan diagnose dokter mengatakan bahwa kita menderita GERD yang disebabkan oleh naiknya asam lambung.

Untuk teman yang mempunyai kasus GERD seperti ini silahkan sering-sering mengkonsumsi bubur kacang hijau agar keluhan debar jantung yang tak menentu ini segera hilang.

Kaya Protein
Kacang hijau bisa dijadikan sebagai pengganti protein bagi para vegetarian, karena kandungan proteinnya dalam tiap 100 gramnya terdapat 7 gr protein. 

Menurut penyelidikan bahwa profil asam amino lengkap yang dimiliki oleh kacang hijau, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh daripada asam amino yang terdapat bukan dari kacang hijau. Manfaat daripada protein adalah untuk pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan sakit, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu kita kenyang lebih lama.

Nah, ternyata banyak penderita sakit maag, yang lama tak sembuh-sembuh akhirnya menderita kolesterol tinggi. Karena apa ? Padahal kan kita sudah tak pernah mengkonsumsi yang berminyak dan goreng-gorengan, kok bisa terkena kolesterol tinggi ?

Nah ini nih sebabnya. Menu makan kita sehari-hari kan sangat terbatas ? Sayur tak bisa, buah segar tak bisa, daging dan ayampun takut makan, takut maagnya jadi kambuh. Iya kan ? Akhirnya menu kita tiap hari hanya tahu dan telur rebus.

Tidak semua kita tahu bahwa kuning telor, lebih-lebih telur ayam lehorn atau ayam potong, kandungan kolesterolnya sangat tinggi. Untuk mengatasi tingginya kolesterol jahat ini, silahkan sering-sering mengkonsumsi bubur kacang hijau.

Lalu Apa Manfaat Kacang hijau bagi Kesehatan ?
Kandungan nutrisi lengkap yang ada didalam kacang hijau, menjadikan kacang hijau sebagai sumber makanan yang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Bagi teman-teman, kacang hijau sangat baik untuk tambahan menu harian, karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Untuk mengganti kekurangan nutrisi yang terjadi pada diri kita.

Sering lemas, gemetaran, keringat dingin tiba-tiba, kedinginan, semua ini disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam tubuh kita, sehingga kita sering mengalami tekanan darah rendah. Jika terjadi darah rendah maka kita akan sering kedinginan, jarang mandi, sering lemas tapi tak ada nafsu makan, dan tubuh kita gemetaran setiap kali.

Hal seperti ini bisa kita atasi dengan sering mengkonsumsi bubur kacang hijau. Soalnya, bagi kita yang tidak tahu, mengalami kondisi seperti diatas menjadikan kita sangat panik. Sedangkan kepanikan ini justru akan memicu tingginya asam lambung. Jadi saling berkait kan kondisi satu dengan yang lain ?

Mencegah Anemia
Kacang hijau kaya akan zinc dan zat besi, sehingga kacang hijau menjadi makanan yang sangat baik untuk mengatasi serta mencegah anemia, membantu keseimbangan hormon dan system kelenjar dan untuk menjaga metabolism tubuh.

Mencegah penyakit jantung
Serat tinggi yang terkandung didalam kacang hijau berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltic usus, sehingga mampu mengurangi waktu tertumpuknya kotoran didalam usus, yang mana ini sangat tidak baik bagi kesehatan usus jika kotoran menumpuk terlalu lama di dalam usus. 

Serat juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stoke.

Bagi kita yang sakit maag, kacang hijau sangat dibutuhkan, karena sangat membantu metabolisme pencernaan. Meningkatkan kebersihan usus, sehingga bisa mempercepat kesembuhan sakit maag.

Membantu Penyerapan Nutrisi
Di dalam kacang hijau kaya akan kandungan Vitamin B1. Sedangkan menurut penelitian, Vit B1 sangat membantu metabolisme, sehingga penyerapan nutrisi dari makanan bisa berjalan dengan maksimal. Kandungan Vitamin B1 didalam kacang hijau serta enzim-enzim aktifnya dapat memperbaiki metabolism yang buruk dan penyerapan nutrisi yang kurang maksimal.

Kita yang sakit maag, sering sebentar-sebentar merasa lapar, walau baru saja makan. Mengapa ? karena lambung kita tak bisa mencerna makanan dengan maksimal, sehingga nutrisipun tak bisa terserap maksimal oleh usus, sehingga kecuali sebentar-sebentar menjadi lapar, kita sering kekurangan nutrisi bahkan banyak yang kemudian mengalami anemia yang parah.

Jika kita mau sering mengkonsumsi bubur kacang hijau maka insya Allah kekurangan nutrisi yang kita alami bisa teratasi.

Membantu Pertumbuhan
Kandungan protein yang lengkap didalam kacang hijau dapat membantu pertumbuhan serta pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, sel otot serta sel otak.

Karena itu bubur kacang hijau sangat bagus diberikan kepada anak-anak yang masih memerlukan pertumbuhan, bagi orang lanjut usia yang membutuhkan tambahan energy, dan bagi orang sakit maag yang tidak bisa mengkonsumsi makanan dengan bebas sehingga sering kekurangan nutrisi.

Agar seluruh metabolisme dan system tubuh berjalan dengan normal, termasuk kerja fungsi seluruh organ bisa berjalan dengan baik, sangat diperlukan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Bagi orang sakit maag, hal ini jelas tak bisa terpenuhi karena lambung yang sedang bermasalah.

Untuk itu saran penulis, bagi teman sekalian baik yang sehat terutama yang sedang sakit maag, jadikan bubur kacang hijau sebagai menu harian teman.

Lalu bagaimana cara memasak atau mengkonsumsi bubur kacang hijau bagi sakit maag ?

Untuk Maag Parah :
Untuk yang maagnya parah yang makan apa-apa sakit.
  • Ambil segenggam kacang hijau yang kualitasnya baik (utuh-utuh bijinya).
  • Rendam kacang hijau tadi dengan air mendidih sebanyak 1 gayung, selama 1 jam.
  • Setelah direndam selama  1 jam, dimasak bersama air rendamannya, beri 1 iris daun pandan biar sedap baunya, tunggu hingga kacang hijau pecah.
  • Segera angkat sesudah kelihatan kacang hijaunya pecah.
  • Disaring, ambil air kacang hijaunya, jika teman masih tahan minum dengan gula merah, maka dalam keadaan masih panas, masukkan gula merah secukupnya kedalam air kacang hijau tadi, sesuai selera teman, dan beri sedikit garam, agar gurih enak rasanya.
  • Lalu air kacang hijau ini silahkan diminum seharian sedikit demi sedikit.
  • Jika teman tidak tahan minum dingin, air kacang hijau ini, setiap hendak diminum, boleh dihangati di atas kompor sebentar biar diminum tidak terlalu dingin. Namun air kacang hijau 1 gayung ini harus habis dalam satu hari.
  • Kacang hijaunya bisa dimasak lanjut, untuk dikonsumsi yang tidak sakit maag.
Untuk Maag Yang Tidak begitu parah, yang sudah bisa makan nasi lembek.
  • Cara masak seperti di atas.
  • Hanya setelah pecah, jangan diangkat, biarkan kacang hijaunya menjadi lunak dahulu.
  • Baru masukkan gula merah secukupnya setelah kacang hijaunya empuk. Sebab jika gula merahnya dimasukkan bersama kacang hijaunya, ketika kacang hijau belum empuk, maka selamanya kacang hijau tak akan pernah empuk walau direbus lama sekali.
  • Boleh ditambah santan encer bagi maag yang tidak parah
  • Setelah kacang hijau empuk, beri sedikit garam dan sedikit jahe yang sebelumnya sudah dibakar dulu. Tidak apa-apa menggunakan sedikit jahe, mungkin jahenya seujung jempol saja, dibakar, dikupas lalu dicuci dan masukkan dalam keadaan utuh jangan digepuk lebih dahulu.
  • Silahkan dimakan ketika hangat tak perlu dengan disaring dulu.
  • Tetapi, ampas kacang hijaunya jangan ditelan, karena akan menyebabkan begah pada lambung.
Begitu aja dulu ya teman, semoga bermanfaat. Semoga anda segera sembuh dengan bubur kacang hijau !!! Amiin.

Jika anda ingin segera sembuh, maka sangat penting anda untuk memiliki Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis yang penulis susun sendiri, sebagai buah pengalaman sakit maag penulis yang begitu lama (lebih dari 15 tahun) hingga kesembuhan penulis yang sangat AJAIB, dimana dalam Buku Panduan tersebut penulis sertakan banyak sekali kiat-kiat dan tips-tips sembuh sakit maag kronis. Silahkan PESAN DAN SIMAK DISINI.

Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Salam penulis,
Niniek SS
Labels: Makanan Sakit Maag, Mengatasi Sakit Maag, Obat Alami Sakit Maag, Pengetahuan

Thanks for reading Bolehkah Makan Kacang Hijau Bagi Sakit Maag. Please share...!

50 comments on Bolehkah Makan Kacang Hijau Bagi Sakit Maag

  1. Sungguh sangat membantu artikel ini terimakasih penulis.salam hangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sahabat Asep Ramdani

      Terima kasih atas apresiasinya, semoga bermanfaat.

      Salam hangat juga,

      Hapus
  2. Kalau kacang hijaunya di sangrai trs dtmbuk lbh bgus mna bu sm yg dmsk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rubiel Moena

      Lebih baik air kacang hijau yang direbus mbak, daripada yang disangrai. Karena pemanasan sangrai lebih merusak vitamin dalam kacang hijau daripada yang direbus.

      Salam,

      Hapus
  3. Alhamdulilah membantu sekali
    Saat ini saya sedang sakit
    Mohon doaanyaa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Bambang Susilo

      Alhamdulillah jika artikel ini manfaat. Semoga membantu kesembuhan. Sering - sering mampir di blog ini Pak, banyak wawasan yang mudah - mudahan juga bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  4. Bagaimana kl menurut dokter asam lambung naik trus minum air rebusan kacang hijau ap sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nor Layli

      Asam lambung naik, ya bagus to minum air rebusan kacang hijau yang sampai pecah aja. Kacang hijaunya jangan dimakan karena masih keras. Bisa dimasak lagi dan diminum yang sehat.

      Salam,

      Hapus
    2. Assalama,alaikum niniek ss saya udah 4 hari sakit perut sebelah kanan klo tubuh di gera,kan sangat sakit tpi klo gak digera,kan sakitnya kurang apalgi bagian perut yang sakit di tekan sangat sakit salam

      Hapus
    3. Mas Rizal,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Bagian perut sebelah kanan kompres dengan air panas. Minum air kunyit pagi hari, dan minum air temulawak yang dikeringkan sore hari. Usahakan bisa minum madu pahit yang punya ibu. Insya Allah akan mengurangi kesakitan.

      Salam,

      Hapus
    4. Mba Ninik, saya baru saja keluar rawat inap hari ini. Diagnosa dispepsia dan ISPA. 4 hari sebelumnya, saya merasakan dingin di bagian dada dan panas ditenggorokan setiap habis makan, ada mual dan perih di perut. Lalu, minum madu hitam pahit tapi setelah minum madu hitam, perut saya begah dan seperti ada refluks asam lambung di kerongkongan.
      Apa memang tidak semua orang cocok dengan madu pahit atau bagaimana ya?

      Hapus
    5. Pranyta

      Maaf mbak Nyta, baru sempat balas, karena minggu-minggu ini saya sibuk sekali. Tidak semua madu pahit cocok untuk gerd/maag, karena mungkin tidak asli pahitnya. Maksudnya ada madu pahit yang berasal dari madu murni manis yang kemudian dioplos dengan unsur obat yang pahit. Nah unsur campurannya inilah yang biasanya tidak cocok pada lambung.

      Kalau madu pahit yang saya sediakan, adalah madu hasil dari lebah yang memang mengisap nektar dari bunga tanaman yang berasa pahit dan mengandung obat. Jadi pahitnya memang alami bukan karena unsur oplosan manusia.

      Salam,

      Hapus
  5. Kebetulan saya mempunyai penyakit maag kronis, kalau misalkan kacang hijaunya di rebus sampai lembek dan dimakan sekaligus dengan kunyahan yang sangat halus tidak apa2 kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmmg berkah,

      sudah kehilangan banyak gizinya dong. Kacang hijau, meskipun dibuat bubur hingga lembek, tetap jika dimakan sama ampasnya menyebabkan begah pada lambung. Kecuali pada maag awal, masih boleh makan bubur kacang hijau yang biasa dimasak ibu-ibu.

      Salam,

      Hapus
  6. Terimakasih mbak, dgn artikel ini bisa membantu maag saya

    Krn saat ini maag sy kambu lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Lince Bahabol,

      Iya sama-sama. Terima kasih juga untuk kunjungannya di blog. Semoga ada manfaatnya. Sering-sering mampir ya Mbak.

      Salam,

      Hapus
  7. ass...nama saya ibu iin untra dewa,saya berasal dr palembang.saya menderita maag kronis,saat ini yg sy konsumsi madu pahit herbal dan jus lidah buaya.namun,blm sembuh total.yg ingin sy tanya apkah yg sy konsumsi itu bagus atau tdk,mhn petunjuknya bu..trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Indramuslim Harahap

      Wsww. Ini Ibu Iin yang kemarin sudah kontak dengan saya dan mau pesan buku serta morinda ya ? Madu pahit jika asli insya Allah bagus untuk gerd Bu. Juice lidah daun buaya juga bagus untuk maag dan gerd, karena mengandung zat untuk mengobati luka.

      Salam,

      Hapus
  8. asalamualaikum bu
    sya mempunyai magg yg kronis. apa kah sya bisa mekonsumsi kacang ijo tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Indra Sadana

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Untuk maag kronis sebaiknya makan kacang hijau bukan seperti cara orang umum mengkonsumsi kacang hijau. Tapi caranya seperti ini : Ambil segenggam kacang hijau. Cuci bersih, rendam dalam air mendidih. jika sudah agak dingin, baik kacang hijau beserta air rendamannya tadi direbus, hingga kacang hijaunya pecah. Jangan tunggu hingga kacang hijaunya lunak. Lalu saring, hangat kuku airnya diminum.

      Oh ya, merendam kacang hijaunya dengan air segayung saja. Jika air rebusan kacang hijau tadi diminum tidak habis sekaligus tidak habis, bisa diminum nanti-nanti. Bisa dihangati diatas kompor jangan tunggu sampai mendidih, hangat kuku angkat.

      Minum boleh ditambah gula aren yang asli atau madu murni sedikit saja, supaya tidak mual.

      Orang sakit maag, jika minum gula aren atau madu kebanyakan akan terasa mual, karena reaksi dari zat yang ada dalam gula aren atau madu yang sedang mengobati luka lambung.

      Salam,

      Hapus
  9. Mas/Mba, saya harus konsul kesiapa ya. Saya mengalami bab warna hitam. Dicek maag nya sdh smp Luka bagian lambung. Alhamdulillah stelah perawTan intensif sdh tdk Bab hitam lg. Hanya sy takut skrg. Mohon info yg mgkn pernah mngalami seperti sy dishre pengalaman obat tradisionalnya. Makasih. Salam hangat. Tiara.
    NB boleh kontak admin di no berapa ya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Tiara

      Saya dulu pernah mengalami hal yang sama berkali-kali BAB warna hitam dan meringkil-meringkil seperti kotoran kambing. Ternyata itu dari perdarahan lambung/usus akibat luka lambung. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa memicu kanker lambung atau kanker colon.

      Silahkan hubungi saya di no 0877.3259.8747 atau 085.228.401.939 ( dengan Ibu Niniek/Sri Nurmi Atminarsih admin blog ini ). Tapi sebaiknya sms saja mbak. Kalau telp takutnya pas saya menerima telp lain sehingga saya tidak bisa menjawab telp dari mbak Tiara.

      Ibu tunggu mbak.

      Salam,

      Hapus
  10. Siang mbak Niniek SS... Bisa gak saya minum Ultra Sari Kacang Hijau atau ABC Sari Kacang Hijau...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hesky Ario Naray

      Siang juga mas Hesky. Untuk yang maagnya sehat oke-oke saja. Tapi untuk yang lambungnya lagi bermasalah, tidak baik yaaa...masalahnya, pada minuman kotak siap saji biasanya selalu memakai pengawet. Pengawetnya itu yang tak aman di lambung. Oke ?

      Sebaiknya bikin air kacang hijau sendiri. Caranya, ambil segenggam kacang hijau, cuci bersih, rendam dengan 1 gayung air mendidih lalu tutup rapat. Jika sudah agak dingin, kacang hijau dan air rendamannya direbus hingga kacang hijaunya sudah ada yang pecah. Jangan tunggu kacang hijau empuk semua, begitu ada yang pecah langsung angkat dari kompor, biarkan hingga hangat kuku. Saring, beri gula aren sedikit, minum. Memang rasanya tak begitu enak karena gak pakai santan, tapi inilah air kacang hijau yang masih banyak vitaminnya. Oke ?

      Sering-sering aja berkunjung di blog. Terima kasih.

      Salam

      Hapus
  11. assalamu'alaikum ibu mau tny saya menderita asam lambung tinggi sdh mimggu ini blm smbuh total pdhl sdh minum obat"an dr dokter..mhn petunjukx buk agar bisa sembuh total...trimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abdullah Mansur

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Jika ingin sembuh maksimal sebaiknya pesan buku perawatan maag dan diobati dengan morinda serta terapi minum air mentah yang higienis. Hubungi saja ibu Niniek. di 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus
  12. Ass...mbak ninik ss...kalau asam lambung sembuhnya lama y...badan juga agak meriang sedikit,,sy habis d rawat juga 5 hr..baru kali ini sy kena asam lambung kata dokter pemicu asam lbungnya krn stress,,dan badan masih terasa seperti panas pake balsem gitu...buat cara biar mendinginkan badan selain juice lidah buaya apalagi mbak soalnya d daerah sy langka sekali ...mksh bnyk mbak ninik ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eva Susanti

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb. Sensasi asam lambung yang utama adalah adanya rasa hangat dalam tubuh. Seperti ini nih rasanya : Badan tuh terasa panas seperti meriang setiap hari, tapi jika dipegang kulitnya, normal-normal saja tidak panas. Jika memang sudah asam lambung, sebaiknya diobati hingga tuntas. Jangan hanya diatasi secara darurat keluhannya. Sebab jika hanya diatasi darurat keluhan yang muncul, lain waktu tetap akan kambuh lagi dan kambuh lagi. Jika ingin tuntas, silahkan pesan buku untuk panduan perawatan maag/gerd + minum air mentah yang higienis dan pesan morinda untuk mengobatinya. Karena baru morindalah yang telah terbukti bisa mengatasi maag dan gerd dengan effektive. Hubungi ibu di no 085.228.401.939.

      Salam,

      Hapus
  13. aslmkm..maaf saya mau konsultasi
    awalnya saya menderita asam lambung yg saya rasa itu perut sakit dada berdebar tertekan,sya bnyk halusinasi takut pusing lemas sluruh badan berasa dingin Saya berobat kmna2 tp blm smbuh sampe skrg pun saya suka merasa takut seperti parno selalu seperti itu.kenapa
    trimasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebby queen

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Bebby. Itu semua keluhan asam lambung. Memang sangat tak enak dan tersiksa. Kenapa bisa seperti itu.Asam lambung tu sifatnya sangat keras. Selama masih berada didalam lambung tak masalah karena didalam lambung ada lendir pelapis dinding lambung yang bernama mukossa.

      Nah ketika asam lambung ini luber dan keluar dari lambung, ini yang kemudian bisa menjadi malapetaka bagi kehidupan, karena bisa merusak organ yang dilaluinya.

      Dalam blog ini sudah banyak saya posting tentang bahaya asam lambung ini. Jadi silahkan sering-sering berkunjung dalam blog ini agar lebih kaya akan khasanah sakit maag dan asam lambung.

      Salam,

      Hapus
  14. Selamat pagi bu,
    Saya mau tanya, kacang hijaunya apakah perlu direndam.
    Saya biasanya abis dicuci langsung saya rebus dengan air matang.
    Pertanyaan kedua, kacang hijau yang udah diambil airnya apa bisa ditambahin air trus direbus lagi?, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yustin

      Selamat pagi juga mbak.

      Kacang hijau, cara masak yang baik, setelah dicuci direndam dengan air mendidih 1 gayung ( 4 gelas air/600 cc air ).

      Biarkan hangat kuku baru direbus hingga ada yang pecah, jangan tunggu hingga kacang hijaunya lunak. Nah air kacang hijau yang hanya pecah seperti inilah yang vitaminnya masih sangat tinggi. Sangat manfaat untuk kesehatan.

      Jika mentah langsung direbus, kecuali sangat lama menunggunya, segala macam makanan yang terlalu lama dipanaskan api, vitamin bisa rusak.

      Kacang hijau yang pecah tadi bisa dimasak kembali hingga empuk untuk dimakan bagi yang sehat lambungnya.

      Begitu aja ya mbak Yus, semoga manfaat.

      Salam,

      Hapus
  15. Assalamualaikum wr.wb.
    Saya Dari lombok bu.Saya kena gerd kata dr sppd bu kurang lebih 10 hari ini. Saya masih minum obat dr,perut tidak terlalu mulas dan tidak pernah mual. Apa yang harus saya lakukan supaya saya sembuh total dari penyakit ini bu karena kaka saya sdh 1 thn mengidap sakit begini dan sudah mulai mengkonsumsi obat tidur dari dr. Tolong bu saya harus bagaimana. Trimakasih
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhamad Sudirman

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Pak Dirman insya Allah memang itu GERD. Tapi masih stadium awal. Sebaiknya segera pesan buku untuk perawatan harga 100.000 + ongkir, minum air mentah yang higienis dan pesan morinda/biocypress di blog ini agar cepat sembuh.

      Salam,

      Hapus
  16. assalamualaikum mba

    Saya sudah sebulan menderita tukak lambung sama gerd nyampe saya harus di rawat di rs 4hari, udah sbln pula saya tidak berhenti mengkonsumsi obat dari dr ,sensasi panas di dada sih ga ada tpi kpla kliyengan nya itu awet mba ,klo di lambung sih ga usah ditanya sakit nya minta ampun ,,sbnernya saya tuh terkena gerd atau tidak ya ,dan asam lambung tinggi dengan gerd sama ga sih mba ,,
    Mohon bantuannya

    Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. riski

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Insya Allah itu GERD atau asam lambung. Asam lambung yang tinggi sehingga kemungkinan telah terjadi luka atau iritasi didalam lambung (ditandai dengan rasa sakit yang sangat didalam lambung), juga asam lambung yang telah naik ke kepala yang menyebabkan kliyengan yang tak sembuh-sembuh.

      Asam lambung yang tinggi itu asam lambung yang derajat keasamannya tinggi. Sedang GERD adalah asam lambung yang telah keluar dari lambung.

      Jika ingin sembuh, solusinya silahkan pesan buku untuk perawatan dan morinda untuk mengobatinya di blog ini. Atau hubungi ibu di nomor 0877.3259.8747 (SMS saja).

      Salam,

      Hapus
  17. Assalamualaikum wr.wb,.ma'af mengganggu bu,sy punya penyakit magh hampir 5 thn,tp yg paling parah 5 bulan kemarin sampe' di rawat di RS 9 hari karna badan lemas skali kayak gak punya tulang,dan jantung sering ber_debar",kalo asam lambung naik dada terasa sesak & leher kayak kecekik.yg paling parah kalo makan sesuatu pasti balik lagi (muntah).nyampe sekarang sy masih sering kumat bu,padahal obat dokter & herbal udah sy minum tp hasilnya masih sama,dan akhirnya sy dianjurin minum air kunir tp perubahannya gak banyak,nyampe sekarang yg paling kerasa kalo abis makan aja bu ,mesti kembali lagi(muntah),mohon solusinya bu,makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimaz_yezyou

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Dimas, itu keluhan GERD stadium menengah. Yang sering saya temui, jika makan lalu muntah lagi (pada kasus lambung) biasanya lambung sudah terjadi radang. Solusinya, silahkan pesan buku untuk panduan perawatan harga 100.000 + ongkir + diobati dengan morinda, untuk pengobatan GERD selama 1 bulan memerlukan 2 botol morinda yang tak boleh putus agar hasilnya maksimal, biayanya 1.090.000 + ongkir, pesan tepung kerut a 25.000/kg + ongkir minimal pesan 2 kg dan silahkan dibarengi dengan minum air mentah yang higienis.

      Sebelum pemesanan silahkan hubungi ibu di WA nomor 0877.3259.8747 (sms saja).

      Salam,

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum
    Bu saya naufal,mau konsultasi sedikit,kebetulan sudah 1 bulan lebih asam lambung saya sudah tidak terasa lagi tapi selama itu BAB saya kurang lancar,paling cepat 2 hari sekali,kadang harus sedikit dipaksa/ngedennya,lalu hari senin saya coba puasa sunnah dan berbuka dengan air putih hangat dan waffer tango rasa vanila karena posisi saya masih dikantor,setelah itu yang saya rasakan seperti ingin sendawa terus,apakah itu asam lambung saya kambuh lagi?dan sebelum makan saya terpaksa minum obat maag dulu antisipasi takut asam lambung saya naik lagi,lalu istri saya bikin bubur kacang ijo,setelah saya baca artikel ibu ternyata ampasnya jangan dimakan tapi saya sudah memakan ampasnya dan tidak terasa begah,apakah tidak apa2 kalo begitu bu?mohon bantuannya. Terimakasih wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad Auliya Naufal

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Naufal, GERD yang munculnya terpicu oleh stress (lambung tak bermasalah tapi keluhan pada kepala dan lain tempat), memang aman untuk berpuasa, bahkan akan mempercepat kesembuhan. Namun jika suatu kali makan sesuatu yang gak aman apalagi ketika berbuka puasa, akan rentan kambuh.

      Jika GERD untuk berpuasa, maka makanan yang paling aman untuk berbuka puasa adalah air putih hangat lalu dilanjut dengan "bubur tepung kerut" bukan wafer tenggo (karena dia mengandung susu, cramer dan coklat yang semua unsur ini tak aman buat maag). Lain kali hati-hati ya mas.

      Nah ketika makan bubur kacang ijo bersama ampasnya gak apa-apa, alhamdulillah berarti lambung memang sudah sehat. Tapi GERDnya belum.

      Demikian semoga penjelasan ini bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  19. Aslkm. Ibuk air kacang padi ya bagusnya diminum sesudah atau sebelum makan. Sy sering kambuh maag nya. Tiada hari tanpa kambuh. Kadang sakit Ulu ati. Kadang disertai senyawa. Kadang sakit pinggang kiri belakang. Kadang sakit di perut bawah kanan kiri. Saya sampai takut makan ibuk. Tolong sy ibuk. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jean kadir

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mbak Jean, air rebusan kacang hijau bebas diminum kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan.

      Air kacang hijau tidak cukup untuk mengobati kondisi maag yang sudah seperti itu. Air kacang hijau hanya bersifat menambah tenaga saja serta memberikan asupan beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

      Untuk kesembuhan, silahkan pesan buku + Bio Alpha.

      Salam,

      Hapus
  20. Ass...mbak,ini saya sering sendawa,terus di ulu hati kayak keteken.ditenggorokan kayak ada yg mengganjal.dan ini nggak kunjung sembuh2,obat dokter jg nggak mempan.ini asam lambung tinggi pa kronis mbak.trus kl diobati dg rebusan air kacang hijau apa bisa sembuh,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anwar

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu gejala GERD stadium menengah mas. Kalau hanya minum air kacang hijau tak akan mengatasi keadaan. Air kacang hijau hanyalah mengurangi keluhan serta menambah stamina.

      Salam,

      Hapus
  21. ba sya sudah hampir 3 blan maag..ga tau maag kronis ga tau gerd rsa perih di ulu hati perut jga perih....trus klo makan cepat kenyang cepat lapar nya klo ga di isi perut nya lapar minta solusi sma bagaimana cara menyembuhkan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Itu cenderung GERD stadium awal. Solusinya, pesan Buku Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis sebagai panduan untuk perawatan sehari-hari + BIO ALPHA untuk kesembuhannya + Usahakan bisa minum air mentah yang higienis.

      Jika minat, silahkan hubungi saya di WA/SMS ke nomor 0877.3259.8747/085.228.401.939

      Salam,

      Hapus
  22. Asslamualaiku bu...sy udah hampir 1thun perut sy rasa nya tudak nyaman sering kembung di uluhatyi rasa nya nyeri dan rasanya gemeteran dan kepala pusing seperti migren dan kliyengan udah berobat dokter dan udah aq minum air kunyit pagi dan sore sama rebusan temulawak belum membaik apa itu yg di namakan asam lambung dn maag...minta solusi untuk penyembuhan nya bu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Itu gejala GERD stadium menengah. Untuk kesembuhan silahkan hubungi saya SMS/WA di nomor 0877.3259.8747

      Salam,

      Hapus
  23. Ass eyang..
    Sudah seminggu ini maag saya kambuh, awalnya karena saya minum obat sejenin pereda rasa sakit/nyeri dan antibiotik.. padahal obat-obat tsb saya minum setelah makan nasi..tapi setelah makan kemudian minum obat tsb, perut sampai dada rasanya panas sprti terbakar, jantung berdebar dan sesak nafas luar biasa.. saya langsung ke UGD saat itu.. tp di UGD dikatakan hanya asam lambung dan menekan paru2.. kalau jantung berbedar itu krn anemia saya.. lalu saya plg kerumah dan tiap malam saya tidak bsa tdr krn perut sampai dada rasanya terbakar dan ada cairan yg naik ke dada sehingga sesak nafas dan tdk tidur sampai pagi harinya.. saya memang sebelum2nya punya maag, tp baru kali ini sampai dada panas eyang.. tp kalau makan saya tdk muntah karena 1 jam sebelum makan saya sudah minum obat yg di resepkan oleh dokter.. syukurlah saya menemukan blog eyang.. penyakit saya maag atau gerd ya eyang? Karena saya tidak mual sama sekali,hanya pusing keliyengan,jantung berdebar dan dada terbakar serta sesak nafas.. Dan untuk bubur kacang hijau yg sudah di saring, diminum berapa gelas dan berapa kali sehari eyang? Mohon solusi eyang.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. paramita kristiari

      Salam. Mbak Mita. Menurut Eyang, keluhan mbak Mita ini adalah GERD stadium menengah.

      Solusinya : Pesan buku untuk perawatan lambung + Minum air mentah yang higienis + Pesan Bio Alpha untuk terapi pengobatan.

      Salam,

      Hapus

Back To Top