SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Bolehkah Makan Ubi Bagi Sakit Maag ?

Bismillahirrahmanirrahiim....

Selamat pagi Sahabat Niniek SS.

Ternyata banyak yang mencari info tentang boleh gak sih makan ubi bagi sakit maag. Sakit maag memang sakit yang teramat membingungan. Pasalnya, makan sembarang belum tentu cocok. Ini bikin mules. Itu bikin perut kembung. Yang lainnya lagi bikin jantung berdebar-debar. Walah !


Yuk kita simak bareng aja.


Orang sakit maag kan intinya gak boleh makan : 
1. Yang pedas, 
2. Yang asem,
3. Yang mengandung alkohol,
4. Juga yang kasar-kasar,
5. Yang berminyak,
6. Yang kimia,
7. Oh ya ada lagi, jangan makan terlalu kenyang.
 
Jika setiap makanan atau minuman yang hendak kita konsumsi tidak mengandung unsur tersebut di atas, insya Allah lambung kita yang sedang sakit akan aman-aman saja.
 
1. Ubi pedas tidak ? 

Tidak kan ? Biasanya ubi ketela rambat biasa ditanam orang menjalar diatas tanah. Sering hanya dimasak dengan dikukus saja. Atau ditumbuk dibuat getuk. Dicampur dengan parutan kelapa muda dan gula merah. Jika digoreng namanya jadi timus. 

Bagi orang yang sakit maag awal, makan ubi rebus atau timus goreng tak masalah. Karena luka lambungnya belum cukup serius. Jadi lambung kemasukan makanan yang digoreng tapi empuk seperti timus tak begitu bermasalah.


Tentu Anda akan bertanya. Nah maag awal itu yang bagaimana dong ? Maag yang tanda-tandanya seperti orang masuk angin..mual dan perut kembung. Malas makan. Dan tubuh seperti meriang bawaannya. Nah kalau kondisinya seperti ini menurut pengalaman penulis dulu, masih aman makan ubi, atau timus.


Tapi tetap lambung sudah tidak nyaman bila makan apa saja terlalu banyak. Memang seyogyanya orang yang kena sakit maag, makan sedikit sedikit saja jangan sampai kenyang. 


Bagi orang yang sakit maagnya sudah pada stadium menengah ( menurut penulis ) dimana sudah ditandai dengan kepala pening, perut sudah mulai sakit terus menerus, makan sakit tak makan sakit, sering keluar keringat dingin tanpa sebab atau jika lapar, maka makan ubi masih boleh asal sedikit aja, namun makan ubi yang digoreng sebaiknya dihindari.


Lalu jika maag sudah parah atau kronis, maka sebaiknya jangan makan ubi apalagi yang sudah digoreng menjadi timus.
 
2. Ubi Asem tidak? 

Tidak kan ? Ya berarti boleh dimakan asal masaknya yang dikukus atau direbus saja ya ? Jangan yang digoreng ?
 
3. Ubi tidak beralkohol kan ? 

Jadi aman untuk dimakan, tapi ingat lihat criteria pertama diatas, ubi yang bagaimana yang boleh dikonsumsi.
 
4. Ubi kasar tidak ?

Nah ini dia. Kenapa penulis katakan sebaiknya bagi anda yang sedang kena sakit maag makan ubi jangan banyak-banyak. Sedikit saja. Karena apa ? Tidak semua tekstur ubi itu lembut. Ada bagian yang kasar dari ubi, yaitu bagian pangkal umbi, sering kan ada slontrotnya ( jawa ), atau uratnya. Yang jika dimakan bikin kita suka tersedak dan batuk-batuk karena tidak bisa tertelan, alias nyangkut ditenggorokan.


Orang sakit maag, jika makan bagian yang ada uratnya ini, dapat dipastikan lambung akan langsung terasa sakit. Karena urat umbi dari ubi ketela rambat termasuk susah dicerna dalam lambung.


Oleh karena itu meskipun ubi dimakan tidak terlalu membahayakan bagi sakit maag, namun Anda harus tetap hati-hati dalam mengkonsumsi ubi.


Lalu ubi yang bagaimana yang paling aman dikonsumsi oleh orang yang sakit maag ? Ubi sepengetahuan penulis. Di daerah penulis hanya ada 4 jenis.

Ubi Ungu.
Atau ubi jalar yang daging umbinya berwarna putih dan ungu. Kulit luarnya ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah tua.Ubi jalar ini terkenal dengan Telo Wonosobo atau Telo Ungu karena warnanya daging buahnya Ungu dan konon berasal dari Dataran Tinggi Dieng yang berada dikawasan Wonosobo.
Penulis sendiri kurang tahu Dieng itu termasuk Kabupaten Wonosobo atau ikut wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sahabat yang berasal dari kedua daerah itu jangan protes pada penulis yaa he he.. Entah kenapa kok ubi yang seperti itu dinamakan Telo Wonosobo ?
Ubi ini rasanya sangat manis tapi tidak membuat neg kalau dimakan. Ubi ungu atau Telo Wonosobo ini memang sangat enak dan mempur ( teksturnya tidak kenyal ). Merupakan hidangan sore yang lezat bagi orang yang lambungnya sehat. Namun untuk orang sakit maag akan mengakibatkan lambung terasa penuh, mbeseseg walau konsumsi hanya sedikit saja.

Ubi Madu.
Ubi madu ini sangat banyak urat atau slontrotnya sehingga sebaiknya tidak usah dikonsumsi. Penulis walau sudah sembuh sakit maagnya, ketika mencoba makan ubi madu ini masih sangat tidak enak terasa di lambung. Apalagi bagi Anda yang belum sembuh.
Ubi madu ini jika dipanggang mengeluarkan cairan coklat yang meleleh persis seperti madu dipinggiran sisi dalam kulitnya. Mungkin karena saking manisnya sehingga jika dimakan oleh orang yang sakit maag lambung akan terasa sakit spontan.

Ubi Jalar Kuning.
Ubi Jalar Kuning mengapa disebut demikian karna warna daging buahnya berwarna kuning atau kadang kejinggaan. Namun kulit luarnya berwarna merah hati. Ubi ini teksturnya sangat lembut dan daging buahnya empuk. Sehingga ubi inilah yang paling cocok bagi orang sakit maag. Apalagi jika cara masaknya dengan direbus, sehingga mengandung banyak air. Sangat enak untuk makanan orang sakit maag.
Kecuali empuk walau banyak juga slontrot atau uratnya, namun makan agak banyak tidak menimbulkan rasa penuh pada lambung.

Ubi Jalar Putih.
Ubi ini warna kulit luarnya putih. Tapi daging buahnya ada yang berwarna putih ada yang berwarna ungu. Baik yang daging buahnya putih atau ungu, daging buahnya tidak selembut ubi jalar kuning. Namun daging buahnya mempur tidak kenyal dan tidak banyak slontrotnya. Meskipun demikian ubi jalar putih ini bagi orang sakit maag tidak begitu cocok karena lambung terasa seneb jika makan ubi yang ini.
Kembali ke pertanyaan selanjutnya.
 
5. Ubi berminyak tidak ? 

Jelas tidak yah ? Namun untuk mengkonsumsinya sebaiknya Anda melihat kembali apa yang telah penulis uraikan diatas. Jadi lebih baik hati-hati agar lambung Anda tetap aman jika ingin makan ubi.
 
6. Ubi mengandung kimia tidak ? 

Yah apalagi yang ini ya jelas tidak ya. Maka silahkan makan ubi. Pilih ubi kuning dan masak dengan cara dikukus atau direbus agar tetap enak dan aman bagi lambung.
 
7. Jangan Makan Terlalu Kenyang.
 
Nah ini nih yang sering dilanggar oleh kita semua. Ya kan ? Siapa yang tahan didepan terhidang makanan yang menggiurkan, walau sebenarnya perut sudah agak kenyang. Ini yang menjadi biang keladi terjadinya serangan GERD. Penyakit yang sangat ditakuti oleh sebagian orang sakit maag. Yaitu naiknya asam lambung ke kerongkongan.
 
Oleh karena itu jagalah pola makan Anda jika Anda ingin lekas sembuh dan tidak terkena serangan GERD. Lain kali insya Allah mudah-mudahan penulis ingat untuk menulis tentang penyakit GERD atau perbedaan sakit maag dan GERD. Doakan saja teman.
 
Penulis yakin, jika setiap Anda hendak makan selalu ingat ke tujuh hal diatas, dan tidak lupa berdoa sebelum makan, insya Allah maka lambung Anda akan tetap terjaga dan makin lama makin sembuh.

Apapun yang Anda keluhkan akibat sakit maag, tak perlu Anda berkecil hati, karena kini telah hadir bagi Anda, buku Panduan untuk Kesembuhan Sakit Maag, yang alhamdulillah telah banyak membantu para penderita sakit maag di Seluruh Indonesia, sembuh dari sakitnya. kini giliran Anda insya Allah mudah-mudahan sembuh seperti mereka. PESAN DAN MILIKI SEGERA agar tidak kehabisan karena sangat banyak peminatnya. Terima kasih.
Demikian semoga bermanfaat.

Alhamdulillahirabbil'alamiin....

Salam Hangat selalu,
NiniekSS
Labels: Makanan Sakit Maag, Tips

Thanks for reading Bolehkah Makan Ubi Bagi Sakit Maag ?. Please share...!

16 comments on Bolehkah Makan Ubi Bagi Sakit Maag ?

  1. Saya merasa kurang tepat bila dikatakan ubi tidak mengandung kimia, karena seyogyanya semua yang ada di alam pasti mebgandung bahan kimia, mungkin lebih tepat bila dikatakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, sedikit koreksi tapi lebih tepat dan tidak menimbulkan misleading

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Imam Perdana

      Oke terima kasih atas kritiknya sangat bermanfaat. semoga kedepan ibu akan lebih jeli dalam menyampaikan sesuatu. Maaf juga, jika terlewat membacanya hingga komentarnya lama sekali baru dibalas.

      Salam,

      Hapus
    2. nanikliya

      Apanya yang joss mbak ? Terima kasih atas kunjungannya di blog.

      Salam,

      Hapus
  2. menurut saya penggunaan kata kimia berbahaya agak terlalu seram didengar. Saran saya, gunakan kata Kimia sintetis. Dimana kimia sintetis merupakan zat kimia yang dibuat manusia alias tidak alami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HD Geniuz

      Ini lagi. Terima kasih juga ya Sahabat HD Geniuz, atas komennya. Membuat ibu semakin pintar saja jika ada masukan. Sangat bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  3. Assalamualaikum ibu,Sofi mau nanya apa ibu sama punya maag dan asam lambung ..Bu gmana sih cara nyembuhinnya Bu jujur dlu saya ga pernah gini Bu semenjak abis operasi hernia trus saya rutin minum obat anti nyeri Bu selama 2 Minggu apa itu yang membuat lambung saya luka Bu saya takut buat endoskopi saya gamau juga kolonoskopi jadi saya Mantang makan aja Bu saya juga tkt minum obat LG Bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sofhia Adhi Nugraha

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Mas Adhi,

      Ya dulu saya kena maag kronis dan asam lambung (gerd)yang cukup parah hingga semua organ sudah kena. Dan alhamdulillah sekali, sekarang sudah benar-benar sembuh.

      Cara kesembuhan saya : Mohon ampun atas segala dosa kepada Allah SWT. dan kepada sesama. Minum morinda sebagai obatnya dan minum air mentah yang higienis. Bagi yang lain sebaiknya pesan buku perawatan maag.

      Memang, banyak sekali dari para penderita sakit berat pasca operasi, yang kemudian terkena maag atau asam lambung ( gerd ). Baik yang sebelumnya punya riwayat maag atau tidak.

      Menurut hasil penelitian dr.Hiromi Sinya ( ahli usus terkemuka dari Jepang yang bertugas di Amerika )menghasilkan penemuan bahwa pada setiap obat pereda rasa sakit selalu mengandung zat yang bisa mengiritasi dinding lambung, dengan kadar yang berbeda.

      Sehingga bagi yang sebelum operasi sudah mempunyai riwayat maag, maka sesudah operasi besar maagnya biasanya akan menjadi lebih parah ( gerd ). Dan bagi yang sebelumnya tidak mempunyai riwayat maag, maka sesudah operasi akan menjadi punya sakit maag yang langsung serius.

      Jika mas Adhi ingin sembuh, solusinya, silahkan pesan buku maag dan morinda di blog ini. Dan usahakan bisa minum air mentah yang higienis.

      Salam,

      Hapus
  4. Bu saya sudah mengalaminya,saya kena maag kronis dan sekarang menuju ke GERD..bahkan saat ini lagi kambuh2nya..yang mau saya tanyakan karena saya malas makan nasi kalau lagi kambuh begini trus kalau saya cuma makan ubi aja bagaimana ya bu? Baik tidak? Dan yg dimakan sebaiknya ubi warna apa? Terus terang aja bu kalo lagi kambuh seperti ini liat nasi aja sudah mual belum lagi bingung mau masak apa buat lauknya.kn gak mungkin makan cuma sama nasi aja.terima kasih bu.tolong segera dijawab ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lancar Jaya

      Bisa dengan ubi putih atau ubi ungu, tapi baiknya dengan nasi lembek dan lauk yang aman bagi lambung. Jika ingin mengetahui perawatan bagi sakit maag kronis/gerd silahkan pesan buku yang saya tulis di blog ini. Harga 100.000 + Ongkir.

      Salam,

      Hapus
    2. Kalo saya mau pesen bukunya gimana

      Hapus
    3. Tia Lestari

      Untuk pemesanan buku silahkan SMS/WA di nomor 0877.3259.8747 Kirimkan nama + alamat lengkap (kel/kec) + Nomor Hp. Nanti akan diinfo lebih lanjut.

      Salam,

      Hapus
  5. Info diatas sangat bermanfaat sekali,
    dan saya ingin bertanya bu kalau singkong atau ketela pohon aman atau tidak untuk lambung dan usus ? Terimakasih, mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Terima ksih untuk apresiasinya. Sering-sering aja mampir di blog, mudah-mudahan ada manfaatnya. Singkong aman bagi lambung jika diparut + beri air hangat 1/2 gelas, saring minum cukup sehari 1 kali saja dengan ukuran singkong sedang 5 cm panjangnya.

      Singkong yang sudah dimasak, jika singkongnya tua dan berslontrot sangat riskan bagi lambung, sebaiknya jangan dimakan.

      Salam,

      Hapus
  6. Bu saya mau tanya, saya sakit maag udah satu tahun, nah yang saya ingin tanyakan dalam hal ini apakah penyakit maag itu bisa membuat serangan panik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unknown

      Maaf baru bisa balas karena banyak sekali kesibukan yang tak bisa ditinggal. Maag yang lama tak sembuh-sembuh bisa berkembang menjadi asam lambung. Asam lambung ini bisa menimbulkan berbagai keluhan organ. Termasuk gangguan psykhologi yaitu rasa panik dan kecemasan yang sangat mengganggu.

      Salam,

      Hapus

Back To Top