SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Menu Makanan Sakit Maag 1

TENTANG MENU MAKANAN :

P : Bolehkah orang sakit maag makan makanan yang pedas ?
 
J : Tergantung. Jika sedang terkena sebaiknya hindari makanan makanan yang pedas, asam dan merangsang. Tetapi jika sudah pada tahap mencapai kesembuhan, insya Allah tidak apa-apa, tetapi lomboknya sedikit saja. Misal untuk menyayur jika ingin ada rasa-rasa pedasnya sebaiknya memakai sepertiga buah cabai saja ( jika kecil boleh separuh, namun jika cabainya besar sebaiknya gunakan sepertiganya saja) , dan bukan cabai rawit , gunakan jenis cabai merah yang besar, bukan cabai hijau atau cabai keriting. Cabai hijau getahnya sangat tajam bagi lambung, sedang cabe rawit dan cabai keriting pedasnya sangat menyengat.

P : Mengapa orang sakit maag jika makan sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, kubis, kembang kol ataupun brokoli lambung terasa sakit, penuh dan kembung?

J : Sayur-sayuran semacam memang sangat bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang tak bermasalah lambungnya, apalagi brokoli sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita kanker, karena mempunyai zat anti kanker. Namun jika dikonsumsi oleh orang-orang sakit maag, tidak dianjurkan karena semua sayuran tersebut seratnya cukup kasar, lambung yang sedang bermasalah biasanya mukosa dinding lambung mengalami iritasi, terkadang  luka sehingga akan merasa sakit jika terkena benda kasar yang masuk kedalam lambung. Juga jenis sayur-sayuran diatas didalam lambung akan membentuk gas yang bisa memicu meningkatnya asam lambung. Jika ingin mengkonsumsi sayur, jika maagnya sudah parah, sebaiknya diblender mentah-mentah, lalu dikukus sebentar baru dimakan. Namun akan menjadi lain jika kita mengunyahnya hingga 40 sampai 50 kali untuk sekali suapan, hal ini akan menetralisir timbulnya sakit pada lambung karena mengunyah dengan baik akan menghasilkan enzyme yang bermanfaat untuk mengusir bakteri jahat yang ada dalam lambung.

P : Apakah orang sakit maag boleh makan sayur bayam ?

J : Insya Allah boleh, tetapi sebaiknya bayam cabut yang ada akarnya, dan hanya dipetik ujung batangnya saja, tidak beserta dengan bagian yang lain karena bagian yang lain keras. Hindarkan sering makan bayam, karena kandungan zat besinya tinggi, tidak baik untuk lambung yang sedang bermasalah. Dan seyogyanya tidak memasak bayam potong karena kecuali kasar batangnya, juga kandungan zat besinya lebih tinggi dibanding dengan bayam cabut.

P : Saya jika makan dengan nasi kasar selalu sakit, mengapa ?

 
J : Lambung yang sedang bermasalah, biasanya mengalami penipisan lapisan mukosa pada dinding lambung. Jika kita makan nasi keras ( misal nasi kenduri ), tak lama kemudian biasanya akan langsung terasa sakit. Bagaimana tidak sakit, karena nasi kasar yang masuk kedalam lambung ketika diproses dalam lambung ia akan menimbulkan gesekan-gesekan yang melukai luka yang ada pada dinging lambung. Apalagi jika mengunyahnya hanya beberapa kali, sehingga belum menghasilkan enzyme yang bisa membunuh bakteri jahat dalam lambung yang menyebabkan rasa sakit.


P : Saya kok perut selalu sakit sehabis minum teh tubruk?

J : Bagi kebanyakan orang minum teh, terutama teh hangat dipagi hari merupakan kenikmatan tersendiri, badan menjadi hangat dan tubuh terasa segar. Jika kita minum teh tubruk perut lalu terasa sakit, ini patut dicurigai bahwa lambung kita mulai bermasalah. Teh, apalagi yang tubruk, mengandung zat yang merangsang lambung. Saya selalu minum teh celup sariwangi yang selalu aman diperut saya, tapi membuatnya yang encer-encer saja dan gulanya sedikit saja, rasa manisnya sekedar suam-suam.

P : Apakah orang sakit maag boleh makan sayur nangka ?

 
J : Sayur nangka, ataupun gudeg sebaiknya dihindari oleh orang-orang sakit maag, karena kecuali mengandung getah yang pekat, juga ampasnya lama dicerna didalam lambung, sehingga kerja lambung akan lebih berat dibanding konsumsi sayuran labu siam, labu kuning, bayam cabut.

P : Saya juga perutnya langsung sakit jika makan sayur oyong atau gambas.

J : Oyong atau gambas sebaiknya tidak dimakan oleh penderita maag, karena teksturnya kasar. Lihat saja bestru, sayuran serumpun dengan gambas, jika sudah tua dan mongering bisa dijadikan alat untuk mencuci piring saking kasarnya. Tidak jauh berbeda dengan oyong atau gambas, muda ataupun tua selalu bermasalah bagi lambung yang sedang sakit.

P : Saya juga perut langsung melilit jika makan sayur yang santan-santan, apalagi seperti sayur sambal goreng yang pedas.

 
J : Orang yang sakit maag, biasanya lambungnya sedang luka. Luka apalagi didalam, biasanya akan lebih lama sembuh jika terkena minyak atau lemak-lemak dan sesuatu yang sifatnya merangsang. Santan kan mengandung minyak, jadi jika lambung sedang bermasalah hindari makan sayur yang bersantan.

P : Mengapa dokter melarang saya agar tidak makan goreng-gorengan? Kemarin saya periksa diagnosenya saya sakit maag.

 
J : Goreng-gorengan mengandung 2 hal pantangan sakit maag, yaitu kasar dan mengandung minyak. Lambung yang sedang sakit tidak boleh terkena makanan yang kasar dan berminyak, sembuhnya jadi lama. Karena keduanya susah dicerna oleh lambung.

P : Saya juga tidak boleh makan tape. Mengapa ?

J : Tape mengandung alkohol meskipun alkohol alami. Alkohol selalu mengandung zat yang merangsang jadi tidak baik dikonsumsi orang sakit maag, karena akan memicu produksi asam lambung. Tape, nanas, durian, adalah jenis makanan yang mengandung zat yang merangsang.

P : Saya juga tidak boleh makan makanan yang terbuat dari ketan seperti lemper, juadah, uli, mengapa ?

J : Bahan makanan yang dari ketan lama dicerna di dalam lambung, karena ulet, sehingga tidak baik dikonsumsi oleh orang yang sakit maag.

P : Lambung saya akan terasa perih sekali jika makan sayur yang diberi bumbu dari tomat.

J : Orang yang sakit maag, berarti lambung sedang iritasi atau terluka, luka akan terasa perih atau sakit jika terkena asam. Tomat mengandung rasa asam yang cukup dominan sehingga orang yang sakit maag akan terasa sakit ketika mengkonsumsinya.

P : Apakah saya boleh mengkonsumsi permen jahe ?

 
J : jahe bersifat merangsang, sebaiknya jangan dikonsumsi dulu sebelum maag kita sembuh.

P : Lalu sebaiknya kami mengkonsumsi makanan yang bagaimana yang aman untuk lambung ?

J : Ini nih batasan makanan-makanan yang aman untuk lambung yang sedang bermasalah :
-    Yang tidak pedas.
-    Tidak asam.
-    Tidak mengandung minyak atau banyak lemak.
-    Tidak kasar.
-    Tidak merangsang.
-    Tidak bergetah liat.
-    Tidak mengandung kimia sintetis.
-    Tidak mengandung zat pewarna, pelembut dan perasa.
-    Tidak dingin. Yah begitulah !  
Salam Sehat Sejahtera,
NiniekSS

Labels: FAQ

Thanks for reading Menu Makanan Sakit Maag 1. Please share...!

48 comments on Menu Makanan Sakit Maag 1

  1. Jadi cuma boleh makan timun doank?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Miki Darmawan,

      Orang sakit maag, tidak dianjurkan untuk makan timun, kecuali sifatnya dingin ( orang sakit maag harus menghindari makan yang dingin-dingin ), juga timun bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan orang sakit maag kebanyakan tekanan darahnya adalah rendah karena terbatasnya gizi yang masuk kedalam tubuh, jika makan timun maka kondisinya bisa drop. Terima kasih telah mampir ke blog ini.

      Hapus
  2. Artikel yang bermanfaat. Apalagi Adminnya sudah mengalami sendiri sakit magh selama bertahun-tahun. Saya yakin akan bermanfaat buat banyak orang... Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Adin Busro,

      Mohon maaf terlewat membalasnya Pak. Terima kasih atas kunjungannya di blog. Motivasi Bapak sangat bermanfaat.

      Salam,

      Hapus
  3. Subhanallaah, barokallah cik gu niniek ss. Jangan bosan2 bagi ilmunya.

    BalasHapus
  4. Bagaimana dengan sakit GERD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nur Ghazani Mayang Aura,

      Menu sakit gerd tak jauh beda dengan menu untuk sakit maag, namun untuk gerd sangat ditekankan untuk menghindari yang lemak-lemak, yang minyak-minyak dan yang sifatnya merangsang.

      Salam,

      Hapus
  5. Iya, kalo gerd itu bedanya dengan maag apa bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lenteraruhani,

      Maag adalah penyakit asam lambung, sedang gerd adalah penyakit atau keluhan yang diakibatkan oleh melubernya asam lambung dari area lambung, dan pengobatan serta penanganannya jauh lebih sulit dan lebih lama dari sakit maag.

      Salam,

      Hapus
  6. Jadi makanan yang apa yg boleh dimakan untuk penderita maag?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rysma Safitri,

      Makanan yang sebaiknya tidak dimakan oleh sakit maag ya makanan yang : kasar, berminyak, pedas, asam,merangsang, yang mengandung kimia sintetis seperti bumbu masak yang mengandung pengawet, pelembut, perasa, pengembang.

      Salam,

      Hapus
  7. Apa solusinya jika penderita maag kronis terlanjur banyak memakan pantangannya, pertolongan pertama apa yang harus dilakukan jika reaksi seperti sakit atau terasa terbakar diperut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdri.Feby Hryeni,

      Jika penderita maag kronis terlanjur memakan banyak pantangan, agar tidak melanggar lagi perlu pesan buku panduan Rahasia Sembuh Dari Sakit Maag Kronis, berobat dengan Morinda atau Firmax3 serta melakukan terapy minum air mentah yang higienis.

      Akibat yang ditimbulkan oleh banyaknya melanggar pantangan, tidak bisa diatasi dengan tindakan-tindakan darurat. Yang terbaik adalah mengobati penyebabnya.

      Jika maag kambuh. Tindakan darurat pertolongan adalah minum air hangat, istirahat dan jangan makan kekenyangan.

      Salam,

      Hapus
  8. Terima kasih....artikel ini sangat bermanffaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Jhono Yeda,

      Alhamdulillah jika bermanfaat. Terima kasih telah mampir di blog, jangan kapok, lain kali mampir lagi ya Mas.

      Salam,

      Hapus
  9. Balasan
    1. Apa iya apa ? Ya syukur alhamdulillah, mudah-mudahan bukan sekedar keren tapi juga bermanfaat teman.

      Salam,

      Hapus
  10. Kalau yogurt pastinya baik kn ya? Saya bkin sndiri tp kdg2 yogurt saya terlihat terlalu Asam, mngkn kebanyakan stater JD agak berbusa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Iva Fitriana,

      Yogurt sementara masih aman untuk sakit lambung stadium awal, yang gejalanya hanya mual, kembung, dan sedikit pusing. Tapi yogurt tidak aman untuk maag stadium menengah apalagi lanjut, yang gejalanya makan sakit tidak makan sakit. Dan makan apapun jika tidak cocok maka lambung akan sakit. Demikian jika konsumsi yogurt maka biasanya maagnya akan kambuh langsung.

      Salam.

      Hapus
  11. Mbak kenapa kepala saya masih pusing terus padahal perut sudah enakan. ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Tiyo,

      Berarti maag mas Tiyo, bukan karena sering terlambat makan, atau makannya kurang teratur, namun disebabkan oleh stress pikiran. Iya gak ? Makanya walau perut sudah enakan, pusing masih terus dirasakan.

      Salam.

      Hapus
  12. Menurut aq sih gak terlalu pikiran kok mbak.. awalnya itu demam tinggi terus cegukan terus. ..gimana cara mengobati pusing mbak ..udah sebulan masih pusing kaya orang mabuk .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Tiyo,

      Untuk menghilangkan pusing, saran ibu, terapi saja minum air mentah yang higienis. Boleh dari sumber mata air pegunungan atau dari sumur tradisional yang masih aktif digunakan, yang jauhnya dari septitank minimal 8 meter. Adapun cara terapinya, silahkan baca di blog ini.

      Salam,

      Hapus
  13. Terima kasih saranya mbak ... air dari sumur bor boleh mbak karena jauh dari air pegunungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Tiyo,

      Sama-sama. Air dari sumur bisa, asalkan sumur bornya jaraknya minimal 8 meter dari septitank.

      Salam,

      Hapus
  14. Asslkm ibu niniek,

    Terapi dengan susu kefir dan kunyit disarankan gak ? Padahal efek samping gerd ini yaitu anxiety sudah saya bisa kalahkan 3 bulan yang lalu, tapi timbul lg karena banyak pikiran dan stress takut mati (akibat nyelawat temen meninggal tiba tiba) kepikiran terus....

    Walaikum salam
    Ricco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ricco,

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Terapy dengan kefir bagus juga untuk sakit maag, tapi kefir yang dibuat tidak lebih dari 24 jam. Jika lebih terlalu asam bisa tidak enak di lambung. Air kunyit juga bagus diminum bagi penderita maag, sebagai obat anti luka.

      Salam,

      Hapus
  15. Assalamuaikum bu niniek.
    Bu kenapa saya sering mendadak lemas dan kalau makan mie boleh gak bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Wr.Wb.

      Sering mendadak lemas, itu tanda awal keluhan gerd. Mie sebaiknya dihindari bagi yang sakit maag, apalagi yang sudah terkena gerd. Karena kimia dari bumbunya sangat riskan bagi lambung. Biasanya sehabis makan mi instan maag atau gerd langsung kambuh.

      Salam,

      Hapus
    2. Assalamuaikum bu niniek,
      Alhamduliah bu setelah 3bulan sakit maag akhirnya sembuh jg...walaupun kambuh kalo telat makan....utk bisa makan Yg pedes2 lagi bisa gak bu niniek?

      Hapus
    3. Insha Allah bisa. Dengan dicoba sedikit demi sedikit secara bertahap. Misal mencoba awal dengan makan pake sayur yang diberi separuh lombok merah. Jangan sekali-sekali mencoba makan pedas dengan lombok rawit, lambung bisa mules sekali.

      Salam,

      Hapus
  16. Aduh ibuu....sy telanjur makan jaddah......Duh perut mules

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra,

      Setiap apa yang saya tulis lebih banyak pengalaman sendiri, jadi testimoninya pasti akurat. Tapi bagaimanapun kondisi lambung tiap-tiap orang kan berbeda. Sehingga terkadang suatu makanan dimakan seseorang cocok namun dikonsumsi orang lain belum tentu cocok

      Salam,

      Hapus
  17. Ibu....sbb sy sud beli buku rahasia milik ibu.... Alhamdulillah saya manut trik-trik yg ibu cantumkan.....mules melilitnya reda..... maturnuwun ya ibu nur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Candra Dwi

      Iya mbak sama-sama. Alhamdulillah jika sudah ada perubahan dengan menerapkan isi buku panduan yang saya tulis. Semoga makin membaik.

      Salam,

      Hapus
  18. Kak..mau tanya,mama saya selalu ngerasa sakit di bagian perutnya sebelah kanan kadang berpindah sakitnya kesebelah kiri,pernah check kata dokter sakir maag

    Tp berapa bulan kemudian sakit lagi malah rasanya perih bgt katanya sampai nangis" gtu

    Sebenarnya itu maag apa ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Laila,

      Iya, insya Allah mamanya tanda-tanda maag, itu namanya maag akut. Harus diobati secara sungguh-sungguh agar tidak berlanjut menjadi gerd. Kalau sudah gerd lebih sulit, lebih lama dan lebih makan biaya dibanding maag kronis atau maag akut mbak.

      Salam,

      Hapus
  19. obat batuk berdahak yang tidak berkontradiksi dengan lambung apa ya bu ? soalnya mau minum obat dari apotek, kebanyakan mengandung asam HCL dan tertulis "perlu perhatian kusus untuk penderita gangguan pencernaan" . Atau mungkin obat alami nya apa ? soalnya kalo jeruk nipis juga nggak aman .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Fibri Hastari,

      Memang obat batuk sering berdampak pada lambung. Sebaiknya minum air temulawak saja, untuk meningkatkan stamina. jika stamina meningkat, immunitas tubuh juga meningkat, insya Allah akan mengurangi batuk bahkan bisa sembuh batuknya.

      Salam,

      Hapus
  20. Ibu... Saya udah beberapa bulan ni perut saya selalu bunyi,, sesak napas,, ulu hati ga enak. Apa itu maag...Kadang badan lemes... Yang paling menyiksa
    sesaknya... Gmn yah pengen sembuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Eem Mayasari

      Jika maag ada sesak nafasnya, trus sering ada bunyi pada perut, biasanya itu adalah gejala gerd atau asam lambung yang naik. Untuk solusi kesembuhan, silahkan pesan buku, untuk panduan perawatan sehari-hari, terapi minum air mentah yang higienis dan diobati dengan morinda, pumpung masih awal. Sebab kalau sudah parah akan jauh lebih sulit pengobatannya. Lebih banyak biaya dan lebih lama.

      Salam,

      Hapus
  21. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Pertama saya ucapkan banyak terima kasih atas segala ilmu yang bermanfaat yang ibu share di blog ini, semoga Allah SWT membalas dan senantiasa mencurahkan rahmatnya pada ibu.

    saya juga penderita maag & gerd, sakit ini sudah sya derita kurang lebih 10 tahun...semua gjala yg ibu tulis pada blog ibu sama yg saya alami, sy sngat bersyukur menemukan blog ini yg seharusnya sdh dari dulu sy temukan....
    saya mau nanya bu' akhir2 ini sy sering mengkonsumsi susu bubuk coklat, apa itu baik buat lambung & usus? krna blakngan ini sy menglami sakit pada pinggang bagian blakang...
    dan klo boleh tau campuran tepung beras bngmna apa hanya tepung beras sama air sja sudah cukup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Feri

      Wa'alaikumussalam Wr.Wb.

      Alhamdulillah, sayapun juga sangat bersyukur kepada Allah SWT. jika blog ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca semua. Aamiin. Terima kasih atas doanya yang tulus Mas Feri.

      Menurut penyelidikan Dr. Hiromi Sinya ahli usus terkemuka dunia yang telah bertugas selama 40 tahun di Amerika, bahwa semua susu hewan tak baik bagi manusia. Susu hewan ya untuk hewan.

      Telah diketemukan pada banyak penderita maag kronis bahkan kanker lambung dan usus, bahwa pada masa lalunya, mereka banyak mengkonsumsi susu.

      Demikian mas Feri, dan coklat juga termasuk minuman yang merangsang lambung, jadi sebaiknya dihindari.

      Salam,

      Hapus
  22. Mau tanya ibu knp ya maag sy makin hari rasanya makin parah.pdhl segals cara minum obat herbal sy lakykan.dr lidah buaya temulawak kunyit dan sejenisnya.dan yg paling gak kuat tuh keleyengan terus kepalanya jd gak bisa aktipitas ke mn mn.tolong adakh solusi hg bagus buat ngilangin keleyenganya.soalnya klw lg parah kaya mau pinsan.dan itu berlanjut hampir tiap hari



    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembaharuan alam

      Kesembuhan sakit maag bukan hanya perlu minum obat saja, namun harus selalu dijaga menu makan yang aman untuk lambung, pola istirahat juga harus dijaga jangan sampai kecapean, lalu pikiran juga harus dikondisikan agar tidak stress.

      Jika ingin sembuh, silahkan pesan Buku RAHASIA SEMBUH SAKIT MAAG KRONIS yang saya tulis. Silahkan pesan di blog ini. Harga 100.000 + Ongkir.

      Salam,

      Hapus
  23. Gmn cara pesen buku bu? Saya mau pesen

    BalasHapus
    Balasan
    1. blajar

      Cara pemesanan buku, silahkan kirim nama + alamat lengkap + nomor Hp, tuliskan dalam sms "pesan buku" kirim ke nomor 0877.3259.8747.

      Salam,

      Hapus

Back To Top