SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Sembelit

mengatasi_sembelit
Jika BAB tidak lancar - Ada dua kondisi BAB ( Buang Air Besar ) yang saya alami ketika saya menderita sakit maag dulu.
 
Pertama : BAB diare terus menerus bila kesentuh makanan yang dipantang. Misal jika saat makan tiba, yang ada, hanya sayur lodeh, dimana bumbunya memakai cabe dan santan, padahal dianjurkan agar kita tak makan cabe dan santan, meskipun sayur lodeh itu cabenya hanya satu, dan kecil. Serta santannya juga santan cair, tetap saja diare.
 
Selanjutnya saya akan diare terus menerus. Perut rasanya melilit bukan main. Untuk mengatasi hal itu saya biasanya makan pisang ambon. Bukan sembarang pisang ambon, namun cari yang benar-benar matang dipohon dan sudah masak betul. Biasanya warna kulitnya kuning sekali dan daging buahnya kesat, tidak basah mengandung air.
 
Jika yang kita makan pisang ambon yang masih muda dan matangnya dikarbit maka perut saya akan tambah sakit, mules sekali dan diarenya tambah banyak. Maka kita harus waspada dan hati2. Hindari apapun kimia yang masuk kedalam lambung kita, kecuali atas petunjuk dokter ( inipun lambung terkadang masih bermasalah walaupun sudah atas petunjuk dokter ).
 
Kedua : BAB sembelit. Ini yang sering sekali dialami oleh orang yang sakit maag, mengapa ? Orang yang sakit maag cenderung hanya bisa konsumsi makanan yang halus-halus. Sehingga ia tidak bisa mengkonsumsi sayur-sayuran. Setiap makan sayuran, karena kasar, maka lambung akan merasa sakit, padahal sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak bisa makan yang pedas-pedas, padahal didalam cabe ada zat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Tidak bisa konsumsi sembarang buah, sehingga kurangnya serat dan zat-zat yang berguna untuk memperlancar pencernaan, maka orang yang sakit maag cenderung BABnya sembelit.
 
Nah, menurut pengalaman yang sudah saya alami berkali-kali, jika BAB kita kurang lancar, maka sebaiknya kita konsumsi masakan yang berbahan kenthang. Bisa perkedel kentang yang bumbunya tanpa lada. Bisa sop kentang dan macaroni tanpa bumbu lada. Atau semur kentang yang diberi bumbu kecap tanpa lada.
Memilih kentangnyapun sebaiknya jangan kentang yang masih baru karena kandungan pestisidanya waktu penyemprotan tanaman masih sangat tinggi. Lain dengan kentang yang sudah lama dipanen, maka jika dikonsumsi tidak akan menyebabkan lambung sakit.
 
Tapi memakan kentang yang baru saja dipanen bisa mengakibatkan lambung sakit bukan main karena tingginya unsure pestisida yang masih melekat pada kentang.
Kentang merupakan jenis tanaman yang unsur penyerapannya terhadap pestisida sangat tinggi, juga buah semangka, blewah dan sebangsanya.
Insya Allah dengan konsumsi makanan dari kenthang BAB kita akan langsung lancar tanpa diare.
 
Untuk memperlancar BAB, konsumsi pepaya memang bisa. Tapi ini bagi lambung yang sehat. Bagi penderita maag konsumsi papaya sering mengakibatkan perut kita mules dan menjadi diare. Apalagi kalau mendapatkan buah papaya yang masak karena karbitan. Wah lambung kita tambah sakit !
Labels: Tips

Thanks for reading Sembelit. Please share...!

0 Komentar untuk "Sembelit"

Back To Top