SOLUSI SAKIT MAAG

Blog pengalaman sembuh sakit maag kronis | obat alami sakit maag | makanan sakit maag | cara sembuh sakit maag | pantangan sakit maag

http://solusi-sakit-maag.blogspot.com/2014/07/resensi-buku-rahasia-sembuh-sakit-maag.html

Penyebab Sakit Maag

penyebab_sakit_maag
Penyebab sakit maag bisa dibedakan dari sakit yang ditimbulkannya yaitu penyebab fungsional dan penyebab non fungsional.

Sakit maag secara fungsional biasanya disebabkan oleh terganggunya fungsi lambung karena tidak teratur pola makannya, telat makan, gizi buruk karena sering mengkonsumsi makanan yang siap saji, jarang berolah raga, kurang beristirahat sehingga sering kelelahan, dan adanya faktor-faktor psykis.

Seringnya mengkonsumsi makanan yang merangsang, seperti pedas, asam, yang mengandung alkohol, kopi, tape, nanas dalam waktu yang panjang juga bisa memicu terjadinya gangguan lambung.

Adapun sakit maag non funsional biasanya gangguan lambung yang diakibatkan adanya kelainan pada organ lambung.

Pada berbagai penelitian yang dilakukan, menyimpulkan bahwa 70 hingga 80 % penderita adalah gangguan maag fungsional. Sebagian kecil penderita gangguan lambung karena terlalu sering mengkonsumsi alkohol ataupun meminum obat anti radang non steroid dalam makanan.  
 
Penggunaan aspirin atau obat-obatan kimia yang lain dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan nyeri pada lambung.

Penyebab gangguan lambung.

Lambung terasa sakit disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan sehingga mengakibatkan iritasi di dalam dinding lambung, sehingga jika kemasukan makanan yang merangsang maka lambung akan terasa sakit atau nyeri.

Asam dalam tubuh manusia diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengubah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan sehat.

Beberapa hal atau makanan yang bisa menjadi pemicu terjadinya sakit maag, antara lain :

1. Alkohol
Alkohol berfungsi melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

2. Kopi, Teh atau Minuman yang memiliki kandungan kafein.
Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.

3. Cokelat
Karena cokelat memiliki kandungan konsentrasi teobromin atau sebuah senyawa secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi, yang dapat melemaskan otot LES, menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan.

4. Rokok
Asap rokok terkandung bahan kimia yang dapat melemahkan katup saat melewati paru-paru masuk ke dalam darah.

5.Tomat dan Produk Berbahan Dasar Tomat
Di dalam tomat banyak mengandung asam yang bisa meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.

6. Buah Asam Dan Jus
Buah-buahan yang mempunyai rasa asam yang tinggi akan memicu timbulnya sakit maag.

7. Makanan yang pedas juga akan merangsang meningkatnya produksi asam lambung yang berlebihan.

8. Makanan Berminyak dan Berlemak
Karena makanan berminyak dan berlemak cenderung lama untuk dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

9. Makan Dalam Porsi Yang Banyak
Perut yag penuh daat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang dapat meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.

10. Makan antara 2-3 jam sebelum Tidur
Tiduran dengan perut yang penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup les, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

11. Pakaian Terlalu Ketat
Pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong ke katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.

12. Emosi yang tidak stabil 
Emosi yang tidak stabil juga sering menjadi pemicu meningkatnya produksi asam lambung secara drastis, sehingga seringkali tidak nampak adanya gejala awal, namun tiba-tiba karena emosi yang memuncak pada diri seseorang menyebabkan terjadi colaps pada dirinya. Keringat dingin keluar, dada berdebar-debar, tubuh lemas, dan keseimbangan kesadaran menjadi tumbang, alias ia menjadi tak sadarkan diri. Ketika diperiksa oleh dokter ia dinyatakan mengalami maag akut bahkan kadangkala dokter mendiagnose sebagai serangan jantung.

Jika kita sudah dapat mengenali hal-hal atau makanan yang seringkali menjadi pemicu terjadinya produksi asam lambung yang berlebihan, maka kita bisa menghindarinya agar kita tidak terkena sakit maag. 


Salam Penuh Semangat,
Niniek SS



Catatan Penting :

AJAKAN SEMBUH,

Anda ingin segera sembuh permanen seperti saya ? Yang alhamdulillah telah sembuh dan bisa bebas makan apa saja ? Setelah  lebih dari 15 tahun terkapar merasakan penderitaan sakit maag dengan berbagai keluhan silih berganti bertubi-tubi?

Pelajari kiat-kiatnya dalam Buku Panduan Rahasia Sembuh Sakit Maag Kronis tersebut. Anda akan tahu dimanakah letak kesalahan Anda hingga tak sembuh-sembuh. PESAN SEGERA SEKARANG DISINI ! Agar tak kehabisan karena persediaan sangat terbatas.

Buku yang sangat sederhana ini bukan sekedar membeberkan segala terori. Namun semua yang tertuang didalamnya adalah hasil praktek kesembuhan saya. Dan Alhamdulillah telah banyak yang sembuh setelah membaca dan mempraktekannya. Yuk sembuh seperti saya…

Labels: Penyebab

Thanks for reading Penyebab Sakit Maag. Please share...!

0 Komentar untuk "Penyebab Sakit Maag"

Back To Top